MENU
icon label
image label
blacklogo

Praktis, Kamera Canon Dukung Pencadangan Otomatis ke Google Photos

AUG 29, 2020@14:00 WIB | 136 Views

Bagi pecinta fotografi yang hobi menggunakan kamera, menyimpan hasil jepretan tentu membutuhkan waktu. Tak sekedar tersimpan di memory card, tapi kita perlu mencadangkannya sehingga masih ada ruang untuk penyimpanan di kamera. Kabar baik telah tiba karena masa-masa ini telah berlalu, dengan diperkenalkannya fitur terbaru dari canon.

Canon mengklaim bahwa foto atau video dari kamera dapat diunggah secara otomatis ke platform penyimpanan dan berbagi foto, Google Photos. Fitur unggah atau pencadangan otomatis ini sudah tersedia di aplikasi image.canon, baik versi iOS maupun Android. Namun perlu diperhatikan bahwa fitur ini hanya tersedia di beberapa tipe kamera dan versi terbaru aplikasi image.canon saja.

Apabila Anda telah berhasil mengaktifkan fitur tersebut, semua foto dan video yang tersimpan di kamera akan tersinkronisasi secara otomatis ke Google Photos. Tak perlu kuatir karena pencadangan ini tak menurunkan kualitas, karena data akan tersimpan sesuai ukuran dan kualitas sebenarnya. Tentu saja, sinkronisasi baru akan dilakukan ketika kamera terhubung dengan ponsel melalui Wi-Fi dan ponsel terhubung dengan jaringan internet.

Dengan adanya fitur ini, Anda tak perlu lagi repot-repot mencadangkan momen yang berhasil Anda abadikan lewat kamera. Lebih lanjut Google Photos bukan hanya tentang penyimpanan saja, tetapi ini juga memungkinkan Anda mengedit hasil jepretan. Mengedit foto di ponsel akan jauh lebih mudah dan serbaguna dengan memiliki Google Photos, tanpa perlu aplikasi editor foto lainnya.

Dikabarkan bahwa Google juga sedang menjalankan pembaharuan untuk Google Photos. Perusahaan menginginkan program ini mudah digunakan tetapi dengan hasil maksimal. Oleh karenanya, Google sedang mengembangkan fitur untuk fotografer tingkat atas, memungkinkan beberapa perbaikan foto, dan pembaharuan penampilan di hampir semua bagian.

Dengan kombinasi pencadangan otomatis dari kamera Canon ke Google Photos, benar-benar merupakan jalan pintas untuk pencadangan dan pengeditan foto sekaligus.

Sebenarnya ini bukanlah kali pertama bagi Canon menyediakan fitur pencadangan otomatis. Dilansir dari The Verge, pada Februari lalu, Canon mengumumkan versi sendiri untuk pencadangan image.canon yang memungkinkan kamera mencadangkan data melalui koneksi Wi-Fi. Tetapi di sini, pengguna diberi opsi lain untuk secara otomatis mentransfer data ke media lain, seperti Google Drive atau YouTube, dan sekarang ada tambahan untuk Google Photos.

Sayangnya, untuk mendapatkan fitur tersebut, pengguna harus memiliki dan berlangganan di Google One. Anda akan mendapatkan layanan uji coba gratis dari Google selama 1 bulan, tetapi setelahnya akan dikenakan biaya $2 dolar AS atau sekitar Rp30ribu rupiah untuk penyimpanan 100 GB. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
kamera canon,
#
tips cadangkan foto,
#
google photos,
#
inovasi teknologi,
#
teknologi inovatif