MENU
icon label
image label
blacklogo

Ponsel Android Kini Bisa Memasuki Layanan iOS

JUN 14, 2019@15:40 WIB | 133 Views

Google akhirnya membuat langkah nyata untuk mempermudah untuk masuk ke aplikasi dan layanan Google Anda di perangkat iOS. Perusahaan ini mengambil keuntungan dari fitur kunci keamanan baru di Android untuk memungkinkan orang menggunakan ponsel Android mereka untuk masuk ke layanan Google di iOS.

Fitur baru berfungsi melalui aplikasi Smart Lock Google, yang harus Anda instal di iPad atau iPhone Anda agar fitur kunci keamanan Android berfungsi. Anda juga perlu verifikasi dua langkah diaktifkan, dan jika kedua kriteria tersebut dipenuhi, Anda akan dapat menahan tombol volume pada ponsel Anda untuk masuk ke layanan Anda.

Tentu saja, skenario yang paling mungkin adalah menggunakan ponsel Android untuk membuka kunci iPad - karena tidak terlalu banyak orang yang yang memiliki dan menggunakan dua ponsel sekaligus. Namun pada dasarnya jika Anda memiliki perangkat Android sekaligus iOS, fitur baru ini mungkin sangat berguna. Dengan beritanya, fitur tersebut dapat digunakan di Chrome OS, MacOS, Windows 10, Android, dan iOS.

Secara kemampuan, teknologi ini sebenarnya menggunakan protokol berbasis Bluetooth baru, dan itu mengharuskan ponsel Android menjalankan Android 7.0 atau lebih baru. Semenjak Google mengumumkan bahwa ponsel Android dapat digunakan untuk masuk ke aplikasi dan layanan Google, 100.000 pengguna dilaporkan telah mulai menggunakan fitur ini.

Kunci keamanan seperti ini telah menjadi semakin populer selama beberapa tahun terakhir sebagai cara untuk mengamankan akun Anda lebih dari kata sandi atau kode PIN sederhana yang dapat ditawarkan. Dengan kunci keamanan baru, ketika masuk ke akun, Anda akan diminta untuk mengautentikasi menggunakan kunci - yang mungkin adalah suatu bagian di ponsel Anda, atau bahkan perangkat fisik yang ditancapkan ke komputer Anda. Namun Google juga menambahkan bahwa ada baiknya Anda tetap memiliki kunci keamanan fisik cadangan kalau-kalau Anda kehilangan ponsel. Karena jika itu terjadi, Anda tidak akan bisa masuk ke akun Google Anda.

Sayangnya, teknologi kunci keamanan baru Google masih terbatas. Untuk saat ini, misalnya, itu hanya dapat digunakan untuk masuk ke aplikasi dan layanan Google, meskipun pada akhirnya mungkin nanti juga dapat diluncurkan ke layanan lain.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
google android,
#
google smart lock,
#
apple ios