MENU
icon label
image label
blacklogo

Oculus Quest, Membawa VR ke Level Baru

MAY 02, 2019@14:50 WIB | 251 Views

Brand Oculus milik Facebook memiliki headset realitas virtual (VR) baru yang siap meramaikan pasar. Dinamai Oculus Quest, headset ini memiliki kemampuan yang terletak di antara Oculus Go portabel dan Oculus Rift yang bisa terhubung dengan PC dalam jangkauan tanpa memerlukan kabel penghubung atau sensor eksternal. Produk ini akan tiba pada awal tahun depan.

Bersamaan dengan Go dan Rift, Oculus Quest akan menjadi penutup dari jajaran generasi pertama headset Oculus VR, kata perusahaan itu. Headset baru ini membawa banyak kapabilitas dari Oculus Go, termasuk operasi bebas kabel dan daya komputasi onboard. Sayangnya Quest tidak memiliki kinerja grafis yang tinggi dari Oculus Rift.

Sampai saat ini belum ada perincian tentang batas kinerja Oculus Quest, tetapi yang sudah diketahui baha itu akan dapat menjalankan beberapa game Rift-ready, termasuk Robo Recall, The Climb, dan Moss. Ini juga akan dibundel dengan Touch Controllers, seperti Rift.

Headset baru ini akan mengemas optik Oculus Go resolusi 1600 x 1440 yang sama, tetapi mungkin dengan komponen yang jauh lebih kuat. Salah satu fitur utamanya adalah sensor enam derajat (6DOF) - pada dasarnya Anda akan dapat dilacak dalam ruang 3D tanpa sensor yang menempel di dinding di sekitar Anda.

Selain itu, headset baru ini akan datang dengan mekanisme penyesuaian lensa untuk menjaga semuanya tetap fokus, dan built in audio yang sudah diberi peningkatan.

"Oculus Go tetap menjadi cara termudah dan paling terjangkau untuk masuk ke VR, sementara Oculus Rift memanfaatkan kekuatan PC Anda untuk mendorong batas apa yang mungkin," jelas Oculus dalam pernyataan pers. "Berkat Oculus Quest, kita sekarang dapat menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia dan menyambut lebih banyak orang ke dalam komunitas VR".

Tanpa kabel, tidak perlu membeli PC gaming terpisah, dan semua yang Anda butuhkan di dalam headset, Oculus berharap headset Quest mampu menggoda lebih banyak gamer kasual untuk bermain ke dalam realitas virtual. Mengingat Quest menjalankan perangkat lunak dan permainan yang sama dengan Rift, seharusnya sudah dapat menghasilkan pengalaman gaming berkualitas tinggi (meskipun mungkin pada frame rate yang lebih rendah).

Nah blackpals, yang bisa kita lakukan sekarang adalah menunggu perkembangan lebih lanjut perangkat VR baru ini. Mari berharap tidak ada penundaan produksi di sepanjang jalan. Last info, kabarnya harga dengan spek terbawah dari Oculus Quest akan dibanderol di 399 dolar Amerika.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
oculus rift,
#
oculus go,
#
oculus quest,
#
facebook,
#
virtual reality