MENU
icon label
image label
blacklogo

Nokia Akan Mengganti OS Android Dengan Harmony OS Dari Huawei

JUL 03, 2021@16:00 WIB | 265 Views

Selama beberapa tahun terakhir, ponsel Nokia mempercayakan Android untuk OSnya, sesuatu yang menurut banyak orang seharusnya dilakukan oleh Nokia sejak awal. Namun, tampaknya Nokia ingin berubaha haluan, atau setidaknya menawarkan alternatif kepada pelanggan mereka dengan memanfaatkan platform smartphone baru Huawei, HarmonyOS.

Menurut laporan terbaru, HMD Global sedang mempersiapkan ponsel Nokia baru, yang bernama Nokia X60, yang tampaknya akan memakai HarmonyOS. Jika laporan ini benar, itu akan menjadikannya smartphone non-Huawei pertama yang menggunakan platform tersebut, dan itu dapat membantu Huawei untuk mendapatkan lebih banyak jangkauan yang juga dapat mendorong lebih banyak orang untuk mengadopsi platform barunya.

Agak mengejutkan sebenarnya saat HMD Global mempertimbangkan menggunakan HarmonyOS, terutama mengingat bahwa itu masih merupakan platform yang relatif masih baru dan kualitasnya masih belum terbukti, tetapi mungkin mereka tidak ingin dibilang ketinggalan jaman, karena itu Nokia mengambil kesempatan, menggunakan sistem operasi baru. Huawei memang memiliki jangkauan dan penggemar untuk berpotensi membuat sistem operasi baru yang dapat menyaingi iOS dan Android, tetapi hanya waktu yang akan menentukan apakah mereka akan berhasil dengan OS tesebut.

Menarik juga untuk melihat apakah Nokia X60 akan meluncur ke Amerika Serikat. Dengan hubungan AS dan China yang sedang tidak baik, sepertinya pemerintah AS tidak akan terlalu senang dengan ponsel yang menjalankan HarmonyOS. [era/asl/timBX]

Tags :

#
nokia,
#
os,
#
android,
#
harmony os,
#
huawei