MENU
icon label
image label
blacklogo

Kecanduan Smartphone? Atasi dengan Tiga Aplikasi Ini

OCT 31, 2018@14:00 WIB | 341 Views

Di zaman yang sudah serba digital seperti sekarang ini, membuat smartphone menjadi bagian yang begitu erat dengan beragam aktivitas yang dilakukan manusia. Tanpa disadari, manusia tak bisa lepas dari menggenggam ponsel pintar barang sedetikpun.

Beragam keseruan yang ditawarkan smartphone membuat manusia tak sadar bahwa ia telah kecanduan. Akibatnya beragam kegiatan di dunia nyata sering kali tidak fokus untuk dilakukan, yang tentunya berimbas pada kurang produktifnya seseorang.

Guna membantu membatasi atau mengurangi kecanduan Anda pada smartphone, ternyata bisa dilakukan melalui aplikasi yang ada di smartphone itu sendiri. Berikut ini BlackXperience telah merangkum tiga aplikasi yang bisa membantu Anda lepas dari kecanduan smartphone. Check this out!

Quality Time

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini menyarankan Anda untuk menggunakan quality time dengan lebih bermanfaat. Entah untuk fokus pada pekerjaan, bermain dengan teman, atau menghabiskan waktu dengan orang-orang terkasih.

Quality Time mampu memantau dan memberikan laporan secara real-time mengenai lama waktu Anda berinteraksi dengan smartphone. Aplikasi ini akan memberikan alert jika Anda terlalu lama memainkan smartphone Anda.

Anda bisa mengatur jadwal kapan seharusnya tidak menggunakan smartphone terlalu lama dan fokus pada kegiatan dunia nyata. Saat jadwal tersebut dibuat, Anda juga bisa membatasi aplikasi mana saja yang bisa diakses.

Tentunya dengan ini Anda bisa mengerjakan banyak hal di dunia nyata, tanpa perlu merasa tergoda untuk membuka beragam notifikasi yang masuk ke smartphone Anda.

App Detox

Mirip dengan aplikasi Quality Time, App Detox juga memungkinkan Anda untuk memantau aplikasi mana saja yang menyita banyak waktu Anda. Namun bedanya, App Detox menggunakan cara yang sedikit lebih “keras”.

Anda bisa mengunci aplikasi-aplikasi yang banyak memakan waktu dan menghambat produktivitas. Tentu dengan kata kunci yang telah Anda buat sendiri.

Saat Anda tergoda untuk menggunakannya, aplikasi akan langsung meminta password akses sekaligus menjadi pengingat agar Anda tak tergoda dan fokus pada apa yang sedang Anda lakukan.

Forest Tree

Terakhir adalah Forest Tree. Aplikasi ini menjadi aplikasi yang menurut kami memiliki metode cukup unik untuk membantu Anda mengurangi kecanduan pada gadget.

Forest Tree didesain layaknya sebuah game. Disini Anda akan diajak untuk menanam sebuah bibit hingga menjadi sebuah pohon. Pohon ini akan tumbuh saat Anda tidak menggunakan smartphone sama sekali. Sebaliknya, jika Anda terlalu sering memainkan smartphone, pohon ini akan layu dan mati.

Tentunya, semakin banyak pohon yang telah Anda tumbuhkan, maka semakin tinggi pula tingkat keberhasilan Anda untuk mengurangi kecanduan pada smartphone. [Hlm/timBX]

Tags :

#
kecanduan smartphone,
#
aplikasi menghilangkan kecanduan smartphone,
#
rekomendasi aplikasi android