MENU
icon label
image label
blacklogo

Kartu Grafis AMD Vega 7nm Sangat Impresif, Tapi Bukan Untuk Gaming

NOV 10, 2018@19:50 WIB | 79 Views

AMD memulai debut kartu grafis Vega pertamanya sejak diperkenalkan tahun 2017 tetapi kartu grafis ini tidak dirancang untuk gaming, walaupun spesifikasi kartu grafis ini sangat mengesankan dan tentu saja dengan spesifikasi kartu grafis yang memukau bakal menarik perhatian kalangan gamer. Kartu grafis 7nm yang baru ini merupakan yang pertama kali AMD produksi, sebelum kartu grafis Navi 7nm yang direncanakan akan diluncurkan pada awal tahun 2019 mendaang. Jika AMD tetap berfokus pada rencananya untuk mengirim setidaknya satu dari kartu grafis Vega di tahun baru ini, itu akan menjadi chip grafis 7nm pertama di luar ranah mobile yang akan diluncurkan dalam industri komputer.

Chip grafis, sebagaimana CPU, melalui penyusutan biasa – kecocokan lebih banyak transistor ke dalam paket yang lebih kecil. Kartu grafis ini mengarahkan pada peningkatan performance dan efisiensi daya dan merupakan sesuatu yang cenderung terjadi beberapa tahun ini. CPU Ryzen generasi pertama AMD dibangun pada proses 14nm, sedangkan generasi kedua dibangun pada 12nm. Kartu grafis Vega asli dibangun pada proses FinFet 14nm, sementara kartu grafis RTX baru Nvidia didasarkan pada proses 12 nm. Kartu Vega Instinct baru ini jatuh ke 7nm yang sangat impresif.

Tidak seperti kartu-kartu lain, kartu grafis Vega baru AMD dirancang dengan mempertimbangkan penggunaan perusahaan. Kartu grafis ini dikatakan telah dioptimalkan untuk skenario dalam perfomance tingkat tinggi dan harus dilihat kegunaannya dalam bidang ilmiah, otomotif, dan AI.

Ada dua kartu, Radeon Instinct M150 dan M160. Keduanya dibangun pada arsitektur Vega 20 yang dibangun pada proses FinFet TSMC 7nm dan memiliki 16GB dan 32GB memori generasi kedua HBM2 (high bandwidth memory). Kartu baru ini menawarkan antara 10 dan 20 persen peningkatan kinerja dari pendahulunya, Instinct M125, oleh beberapa metrik. Namun, M160 menawarkan dua kali lipat bandwidth memori dan sebanyak 10 kali kinerja dalam kinerja presisi ganda.

Yang paling penting adalah, GPU ini dirancang untuk mengukur dengan baik menggunakan AMD’s Infinity Fabric. AMD mengklaim bahwa GPU baru ini dapat dihubungkan hingga delapan dalam satu server.

Tak satu pun dari ini sangat berarti bagi para gamer, karena kartu-kartu ini tidak dirancang untuk game-game terbaru. Namun, jika AMD dapat mengirim kartu-kartu ini seperti yang diharapkan – sebelum akhir 2018 untuk M160 dan awal 2019 untuk M150, seperti yang dilansir dari Engadget – maka itu menunjukkan bahwa produksi GPU 7nm cukup kuat sehingga kartu dari generasi Navi yang sangat ditunggu-tunggu kehadirannya mungkin tidak tertinggal jauh.[tje/timBX]

Tags :

#
amd,
#
amd radeon,
#
amd radeon vega,
#
vega 7nm