MENU
icon label
image label
blacklogo

Kamera Google Pixel 8 Kabarnya akan Hadirkan Fitur Teknik Staggered HDR

DEC 21, 2022@12:00 WIB | 263 Views

Peluncuran Google Pixel 8 memang terbilang masih lama, tetapi kode aplikasi bernama "Staggered HDR" untuk fitur kamera yang teridentifikasi oleh seorang pengembang bernama Kuba Wojciechowski memberi kita gambaran awal tentang perangkat tersebut.

Istilah "Staggered HDR" sendiri bukan merupakan teknik atau fitur yang digunakan oleh kamera Google Pixel generasi saat.

Google sebenarnya adalah salah satu perusahaan yang pertama menyempurnakan HDR untuk platform seluler dan fotografi komputasi. Sekarang, tampaknya teknologi tersebut telah dikembangkan secara signifikan untuk generasi berikutnya.

Teknik Staggered HDR yang akan hadir di Google Pixel 8 sendiri adalah metode menangkap eksposur adegan pendek dan panjang hampir secara bersamaan.

Google saat ini masih menggunakan HDR Plus Bracketing, yang mengambil foto satu per satu secara berurutan dan menggunakannya untuk membuat gambar akhir dengan rentang dinamis yang luas, artinya ada detail baik di bayangan maupun di area sorotan.

Fitur ini tentu akan bekerja dengan baik, tetapi itu juga berarti bahwa sistem akan lebih sulit berurusan dengan subjek bergerak karena menggunakan bingkai terpisah. Dengan fitur teknik Staggered HDR di kamera Google Pixel 8, eksposur pendek mengikuti tepat setelah eksposur lama, bahkan sebelum eksposur lama selesai.

Efek shutter bergulir ini akan memindai sensor dari atas ke bawah dan berarti tidak perlu menunggu satu paparan selesai sebelum memulai yang lain.

Ini berarti ada lebih sedikit motion artifacts yang harus ditangani, dan lebih sedikit daya yang dikonsumsi dalam proses tersebut – Samsung mengatakan ini akan mengurangi konsumsi daya hingga 24 persen dibandingkan dengan metode yang menggunakan bingkai terpisah.

Jika Google memang berencana untuk menambahkan dukungan untuk fitur Staggered HDR di Pixel 8, maka sensor kamera baru juga sedang dalam proses pengembangan.

Wojciechowski mengatakan bahwa Pixel 7 dan 7 Pro akan menggunakan Samsung Isocell GN1 untuk sensor kamera utamanya, namun tidak mendukung Staggered HDR. Isocell GN2 memang mendukung fitur tersebut, sehingga tampaknya Pixel 8 lah yang akan menjadi kandidat untuk fitur tersebut.

GN2 juga akan memberikan beberapa peningkatan fokus otomatis berkat susunan pendeteksian fase tweak yang lebih sensitif terhadap gerakan horizontal.

Tentu saja kita masih jauh untuk mengetahui apakah fitur Staggered HDR memang benar-benar akan hadir di Google Pixel 8, karena Google belum mengonfirmasi perangkat tersebut, dan diharapkan untuk diungkapkan di pertengahan menjelang akhir 2023.  [dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
google,
#
google pixel,
#
google pixel 8,
#
pixel 8,
#
staggered hdr,
#
hdr