MENU
icon label
image label
blacklogo

Intel Rilis Discrete Desktop GPU Pertamanya

JAN 28, 2021@14:00 WIB | 782 Views

Bagi Intel sebuah Prosesor Graphics bukanlah hal baru. Dapat dimungkinkan jika Blacktalks pernah membeli PC atau laptop murah, ia hadir dengan onboard graphics Intel, yang memang tidak terlalu bagus untuk gamer hardcore. Kendati demikian biasanya cukup baik untuk menyelesaikan pekerjaan.

Kini, nampaknya Intel terjun ke dunia discrete GPU karena perusahaan tersebut telah merilis Intel Iris Xe. Bagi yang belum familiar, Intel meluncurkan teaser GPU mereka di CES 2020. Bisa dikatakan, sepertinya GPU tersebut sudah siap dipasakan. Intel tidak akan membuat GPU-nya sendirian melainkan akan bekerja sama dengan ASUS.

Nampaknya tedengar cukup standar, di mana perusahaan seperti AMD dan NVIDIA juga mengandalkan mitra manufaktur lain, seperti ASUS, untuk membantu memproduksi GPU mereka. Namun, sebelum kita terlalu bersemangat untuk melihat calon pesaing lain di kancah GPU, GPU Intel Iris Xe tidak benar-benar dirancang untuk bermain game, melainkan dirancang untuk meningkatkan apa yang sudah tersedia, pada dasarnya menempatkan mereka selangkah di atas onboard graphics.

Tentu saja ini tidak terlalu buruk sebab inilah bukti bahwa pembuat komputer dapat menyertakan GPU tersebut untuk memungkinkan dukungan untuk beberapa monitor 4K, dukungan HDR, AI, decoding konten AV1, Adaptive Sync, dan banyak lagi. Saat ini, Intel Iris Xe belum tersedia bagi konsumen untuk dibeli sebagai GPU mandiri, tapi mungkin itu bisa berubah di masa depan. [asl/timBX]

Tags :

#
discrete desktop gpu,
#
intel,
#
prosesor graphics,
#
discrete gpu

X