MENU
icon label
image label
blacklogo

Intel Konfirmasi Kehadiran Prosesor Desktop Rocket Lake Generasi ke-11 2021

OCT 08, 2020@13:30 WIB | 97 Views

Banyaknya spekkulasi tentang kehadiran prosesor terbaru yang bakal dirilis oleh Intel, terlebih bila meraba gebrakan dari pesaing kuatnya yakni AMD, pada akhirnya pihak Intel membuat aksinya. Ya, baru-baru ini Intel membuat tanggapan dengan memberikan  konfirmasi bahwa prosesor desktop Rocket Lake Generasi ke-11 akan keluar pada kuartal pertama tahun 2021. Dan prosesor tersebut bakal diperkuat dengan dukungan PCIe 4.0. Kabar ini datang tepat sebelum adanya pengumuman resmi tentang prosesor Zen 3 generasi berikutnya dari pihak AMD.

Waktu pengumuman dari Intel ini kemungkinan besar bukan kebetulan belaka. Karena sudah banyak rumor atau kabar yang memberitahu bahwa pihak AMD akan segera meluncurkan CPU pertamanya berdasarkan arsitektur Zen 3 generasi berikutnya untuk komputer desktop di bulan Oktober ini. Dan ini tentunya ini bisa memungkinkan untuk menjadi sebuah persaingan yang kuat terhadap dominasi Intel untuk perangkat PC yang bertenaga tinggi. Terlebih bila mengetahui bahwa Intel membenarkan produk prosesor terbarunya nanti merupakan sebuah chip baru yang akan memmiliki ketangguhan dan keceopatan yang  tangguh untuk diluncurkan tahun depan. Dan hal ini terasa seperti pengingat bagi pembuat PC bahwa ada opsi yang tersedia di luar perangkat keras mencolok yang diumumkan AMD.

Sementara kabar Intel yang masih belum jelas mengenai tanggal rilis secara tepatnya, Videocardz melaporkan bahwa chip Intel tersebut akan tiba pada Maret 2021. Chip Rocket Lake-S yang baru juga dikatakan kompatibel dengan motherboard Intel 400-series yang ada, yang seharusnya berguna bagi siapa pun yang ingin meningkatkan perangkat PC di tahun depan ketika chip ini baru diluncurkan.

Sumber lainnya, yakni Wccftech juga memiliki beberapa informasi lebih lanjut tentang apa yang diharapkan dari perombakan besar berikutnya dari prosesor desktop Intel, yang diperkirakan masih menggunakan proses 14nm yang sama yang telah digunakan Intel selama bertahun-tahun. Namun, Wccftech mengklaim bahwa Intel akan melakukan backport pada beberapa perbaikan arsitektur yang didebutkan dengan arsitektur Willow Cove dari prosesor seluler Generasi ke-11, yang seharusnya menawarkan beberapa peningkatan yang lebih substansial meskipun faktanya Intel belum berhasil merilis produk desktop 10nm-nya.

Selain didukung dengan PCIe 4.0, jajaran prosesor Rocket Lake-S yang baru juga diharapkan menawarkan grafis Xe baru dari perusahaan Intel, bersama dengan dukungan Thunderbolt 4 (dan USB4) yang terintegrasi.  [inn/asl/timBX]

Tags :

#
prosesor desktop,
#
rocket lake generasi 11,
#
prosesor desktop rocket lake,
#
intel