MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah 5 Keunggulan Jaringan 5G

JUN 13, 2019@12:55 WIB | 277 Views

Dari Samsung Galaxy S10 5G ke OnePlus 7 Pro 5G dan seterusnya, ponsel 5G pertama sekarang sudah mulai tersedia untuk didayagunakan. Bersamaan dengan mereka, jaringan 5G pertama akhirnya dinyalakan - meskipun masih dalam skala kecil sejauh ini.

Jika Anda tinggal di suatu tempat di mana 5G tersedia, mungkin layak untuk mendaftar, karena apa yang akan Anda dapatkan jauh melebihi dari yang ditawarkan 4G. Ini adalah teknologi mobile generasi berikutnya, yang memberikan pengunduhan yang lebih cepat, streaming yang lebih lancar dan banyak lagi. Tapi itu bukan hanya kecepatan yang dimilikinya, itu juga akan membuka banyak kemampuan penggunaan baru yang tidak praktis atau memungkinkan pada 4G.

Memang kegunaan terbaik untuk 5G bahkan mungkin belum dipikirkan, tetapi berikut 5 yang sudah dapat dipastikan:

1. Streaming Video 8K

Streaming video 4K saja sebenarnya bukanlah sesuatu yang dilakukan banyak orang melalui 4G. Namun dengan 5G, dimungkinkan untuk mengambil lompatan besar ke depan dan mengalirkan video dalam kualitas 8K, tanpa harus menunggu buffer.

Ini adalah contoh nyata dari keuntungan yang diberikan oleh kecepatan 5G yang lebih besar. Karena data dapat ditransfer lebih cepat, dimungkinkan untuk mengirim lebih banyak data dalam jumlah waktu yang sama. Itu artinya Anda dapat melakukan streaming dalam kualitas yang jauh lebih tinggi tanpa perbedaan nyata dalam cara rekaman cepat dan lancar dikirim.

Meski demikian sayangnya kita belum memiliki ponsel atau bahkan TV yang benar-benar dapat mengambil keuntungan dari ini. Tetapi kita berharap mereka akan segera ada karena teknologi sudah siap untuk itu. Huawei bahkan telah mengumumkan rencana untuk TV 8K 5G.

2. Unduhan besar dalam sekejap

Selain streaming dalam resolusi yang lebih tinggi, Anda akan dapat mengunduh konten lebih cepat dari 5G, yang akan membuat pengunduhan film 8K ​​lebih layak. Secara teknis, Anda bisa mengunduhnya melalui koneksi 4G atau bahkan 3G, tetapi itu akan sangat lambat.

Kecepatan ekstra 5G akan membantu membuat unduhan besar lebih layak, yang juga bisa berarti permainan dan aplikasi yang lebih besar, dengan grafik yang lebih baik dan lebih banyak fitur. Jadi Anda mungkin ingin memastikan memiliki telepon dengan banyak penyimpanan di masa mendatang.

3. Game Online Berkualitas Konsol Tanpa Jeda

Permainan online melalui jaringan seluler tidak selalu ideal - bukan hanya karena kecepatan, tetapi juga latensi atau lag. Latensi adalah waktu yang dibutuhkan jaringan untuk menanggapi permintaan, dan itu seharusnya jauh lebih cepat dengan 5G.

Ini berarti bahwa ketika Anda memasukkan perintah dalam permainan, itu akan terjadi secara instan, jadi Anda tidak akan kehilangan kesempatan untuk membunuh karena lag. Game juga dapat menjadi lebih detail dan dekat dengan kualitas konsol, karena kecepatan jaringan yang lebih tinggi akan membantu mengatasi beban multiplayer.

4. Streaming Game VR

Berbicara tentang streaming game, langit benar-benar adalah batas setelah Anda memindahkan pemrosesan ke cloud, yang 5G akan bantu aktifkan.

Kita tidak hanya akan melihat game berkualitas konsol, tapi juga game VR yang kaya detail jauh melebihi kemampuan Google Daydream atau bahkan PlayStation VR, dan semua dimainkan di telepon atau bahkan hanya headset tanpa kemampuan komputasi yang nyata.

5. Panggilan Holografik

Anda sudah bisa melakukan panggilan video, tetapi bagaimana dengan panggilan holografik? Ini adalah sesuatu yang telah berhasil dilakukan Vodafone lewat teknologi 5G.

Meskipun ada lebih banyak teknologi yang terlibat daripada hanya 5G itu sendiri, suatu hari bisa berarti bahwa Anda seakan bisa berada di ruangan yang sama dengan orang yang diajak bicara. Itu akan membuat dunia terasa semakin kecil dan mudah-mudahan membawa orang semakin dekat bersama.

Selain 5 hal di atas, sebenarnya masih banyak kemungkinan kemampuan dari 5G. Dengan kecepatan tinggi dan latensi rendah yang ditawarkan,5G sepertinya akan benar-benar merubah arah perkembangan teknologi masa depan. Di masa depan Anda bahkan mungkin melihat papan iklan yang dipersonalisasi sepenuhnya diproyeksikan melalui kaca depan mobil Anda atau kacamata pintar Anda.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
5g,
#
samsung galaxy s10,
#
oneplus 7 pro