MENU
icon label
image label
blacklogo

Hyundai Terapkan Fingersprint sebagai Pengganti Kunci pada Santa Fe 2019

JAN 02, 2019@10:00 WIB | 226 Views

(Santa Fe SUV 2019 akan menjadi mobil pertama Hyundai dengan fingerprint)

Kalau dibulan kemarin, kita diperkenalkan dengan HyperSurfaces, sebuah teknologi yang memproses ketukan dan sentuhan diolah melalui chip dan dirubah menjadi aksi oleh algoritma AI. Teknologi buatan Brono Zamborlin tersebut diberikan nama HyoerSurfaces. Melalui chip tersebut pemrosesan data berlangsung secara real time tanpa harus melibatkan data pada cloud. Hanya dengan mengetuk atau menyentuhnya, bisa sebuah daun pintu  mobil akan terbuka dengan sendirinya.

Siapa yang terpengaruh untuk menggunakan teknologi ini? Hyndai salah satunya. Pasalnya SUV Santa Fe 2019 nanti  bakal menggunakan sensor sidik jari untuk membuka pintu atau untuk menghidupkan mobil. Hyundai lebih menggunakan istilah fingerprint sensor, yang diletakkan di daun pintu atau di dashboard.  Secara teknologi yang ditawarkan Hyundai mirip dengan HyperSurfaces, namun Hyundai tidak ingin dibilang mencontek begitu saja, lantaran teknologinya jauh lebih kedepan.

Sekali sentuh, profil pribadi Anda akan terdeteksi, diikuti dengan adjustment kursi, kaca spion dan pengaturan konektvitas dengan preferensi Anda.  Menurut Hyundai, masa depan teknologi ini mencakup mengubah suhu kabin, posisi kemudi dan penyesuaian pribadi lainnya.

(Buka mobil dengan sidik jari secara otomatis, juga  mengatur opsi kursi, spion, dan konektivitas ke preferensi pribadi Anda)

Bagaimana teknologi tersebut bekerja, sebuah capasitive sensor, mampu menawarkan 50 ribu kali peluang membaca sidik jari orang lain, yang bukan milik Anda.  Dan hingga saat ini Hyundai terus meningkatkan akurasinya dari waktu ke waktu, menyempurnakan system fingerprint. Karena teknologi harus cukup matang, sebelum digunakan dalam sebuah fitur kendaraan. Terlebih lagi karena mengganti posisi kunci dengan finger print.

Permasalahan yang terjadi bagaimana bila sidik jari sudah cukup umur. Hyundai tidak mengatakan metode entri tambahan apa yang akan tersedia sebagai cadangan, tetapi Anda dapat mengasumsikan ada opsi fob kunci atau smartphone juga bisa dilakukan.  Tapi sepertinya sangat mungkin bahwa hari-hari kehilangan kunci mobil Anda bisa dinomori. Atau dengan kata lain, jika Anda kehilangan kunci untuk Santa Fe 2019, mobil akan menjadi masalah Anda. [Ahs./timBX]

Tags :

#
blacktech,
#
hyundai,
#
fingersprint,
#
santa fe 2019,
#
hypersurfaces