MENU
icon label
image label
blacklogo

Google Tetapkan Dasar Untuk Kemungkinan Emoji Baru Tanpa Update Full Sistem Android

NOV 27, 2020@15:00 WIB | 128 Views

Emoji pada dasarnya merupakan bagian penting dari bahasa normal kita, terutama era komunikasi perangkat modern saat ini. Itulah mengapa akan sangat mengesalkan karena, seperti yang terjadi saat ini, Android memerlukan pembaruan sistem yang lengkap untuk bisa menambahkan emoji baru, meninggalkan beberapa perangkat tanpa harapan. Namun, situasi itu mungkin akan segera berakhir. Pasalnya, pihak Google dikabarkan tengah mempersiapkan sesuatu yang memungkinkan pengguna keluar dari situasi tersebut di atas.

Menurut orang-orang di XDA, ada beberapa komitmen yang tidak digabungkan ke AOSP yang sangat mengisyaratkan bahwa Google sedang mempersiapkan untuk mengizinkan emoji ditambahkan ke Android tanpa perlu pembaruan sistem yang lengkap (update Full System).

Saat ini, file font yang digunakan untuk menangani emoji disimpan dalam file sistem Android, bagian dari setiap perangkat yang bersifat hanya baca. Secara teknis, Anda bisa menyiasatinya dengan perangkat yang di-rooting, tetapi untuk sebagian besar orang, itu sama sekali tidak bermanfaat. Itulah mengapa komitmen ini sangat menarik.

File font yang diperbarui akan disimpan ke / data / font / file dan semua aplikasi akan membacanya untuk menggambar teks. Jadi, / data / font / files harus bisa dibaca oleh aplikasi dan hanya bisa ditulis oleh system_server (dan init) nantinya.

Google akan mengizinkan "system_server" untuk mengubah file font yang membuka kemampuan untuk mengubah emoji tanpa memerlukan pembaruan sistem penuh. Saat ini, masih belum jelas seberapa fleksibelnya ini. Akan sangat bagus untuk dapat menukar paket emoji semudah peluncur pihak ketiga yang dapat menukar ikon di homescreen Anda (#bringbacktheblobs), tetapi ini juga terasa agak tidak mungkin bahwa Google akan mengizinkan aplikasi apa pun untuk melakukan ini secara spontan. Jadi, kemungkinan besar hanya aplikasi sistem (seperti Play Services) yang dapat mengubah emoji ini.

Apapun masalahnya, ini bisa dinilai sebagai kemajuan dan sesuatu hal yang tidak sabar untuk dinantikan. Sayangnya, ini masih tidak jelas informasi tentang kapan itu benar-benar akan menjadi bagian dari sistem Android. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
google,
#
emoji baru,
#
emoji terbaru