MENU
icon label
image label
blacklogo

Google Siapkan Fitur Verifikasi Sidik Jari Untuk Login ke Web dari Android

AUG 13, 2019@16:30 WIB | 5,380 Views

Praktis semua yang kita lakukan online hari ini membutuhkan kata sandi, dan untuk memastikan keamanan kehidupan digital, kita semua disarankan untuk menggunakan kata sandi yang berbeda untuk setiap layanan. Tetapi kecuali jika Anda menggunakan pengelola kata sandi (sesuatu yang kami sangat sarankan) atau memiliki memori yang luar biasa, mengingat banyak kata sandi itu dapat sedikit menyulitkan.

Salah satu kata sandi tersebut kemungkinan besar untuk akun Google Anda - sesuatu yang Anda gunakan untuk masuk ke layanan seperti Gmail dan YouTube, atau hanya sinkronisasi browser di Google Chrome. Namun sekarang raksasa teknologi itu tertarik untuk menyederhanakan login online dengan membuatnya lebih mudah dan lebih cepat, tapi tetap aman, untuk mengakses beberapa layanan web sendiri di perangkat Android tanpa perlu kata sandi.

Google telah mengumumkan bahwa mereka meluncurkan fitur baru yang akan memungkinkan pemilik perangkat Android untuk menggunakan pemindai sidik jari pada ponsel mereka, atau kode buka kunci PIN mereka, untuk mengotentikasi akun Google.

Sementara aplikasi individual telah lama dapat mengakses dan menggunakan teknologi otentikasi sidik jari Android, ini adalah pertama kalinya perusahaan tersebur mengizinkan biometrik digunakan untuk memverifikasi identitas pengguna di web.

Metode masuk tanpa kata sandi Google yang baru ini dibangun di atas standar FIDO2, W3C WebAuthn, dan FIDO CTAP yang telah dikembangkan untuk membantu mengurangi ketergantungan kita pada password. Ini adalah teknologi yang sama yang memungkinkan perangkat Android digunakan sebagai kunci keamanan fisik.

Teknologi ini aman dan pada dasarnya adalah metode otentikasi dua faktor yang menggunakan protokol berbasis Bluetooth untuk mengatur kunci keamanan khusus perangkat. Kunci ini kemudian dapat digunakan untuk verifikasi sekunder tanpa perlu kata sandi.

Agar metode login jenis ini berfungsi, sangat penting bahwa handset memiliki keamanan layar kunci yang diaktifkan. Sayangnya hingga tulisan ini dibuat, belum dijelaskan secara lebih lanjut perihal layanan Google mana saja yang menggunakan metode login tanpa password baru ini, dengan satu-satunya contoh yang disediakan dalam posting perusahaan itu adalah Password Manager Online milik mereka.

Namun Google telah mengatakan bahwa fitur baru ini sedang diluncurkan ke ponsel Pixel terlebih dahulu, dan akan tiba di perangkat yang menjalankan Android 7.0 Nougat atau yang lebih baru. Jadi mungkin tidak akan lama sebelum kita dapat lebih mudah untuk masuk ke layanan Google lainnya melalui Chrome di Android.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
google,
#
password,
#
password manager,
#
fingerprint