MENU
icon label
image label
blacklogo

Google Maps Menambahkan Fitur Terbaru untuk Android

JUL 23, 2021@17:25 WIB | 367 Views

Google Maps memperkenalkan beberapa fitur baru yang menyimpan catatan pergerakan dan perjalanan sebelumnya, yang dilakukan para pengguna. Fitur ini bisa digunakan untuk membantu mereka merencanakan kunjungan berikutnya. Platform pemetaan dan navigasi dari Google ini sebenarnya sudah menawarkan fitur serupa yang disebut, Timeline. Fitur ini dapat melacak pola pergerakan pengguna, menyimpan moda transportasi yang disukai dan detail seperti rute yang sering diambil, lokasi tempat yang dikunjungi oleh para pengguna, bahkan mengirimkan overview tentang perjalanan terakhir secara bulanan.

Fitur Timeline Google Maps sangat berguna jika pengguna ingin mengingat di mana mereka berada pada tanggal dan waktu tertentu, meskipun Google telah meyakinkan bahwa semua riwayat pergerakan bersifat pribadi dan data tidak dibagikan dengan pengiklan, masih ada beberapa masalah privasi yang mengganjal. Agar fitur Timeline tidak merekam pergerakan dan data lokasi setiap saat, pengguna perlu menonaktifkan Riwayat Lokasi/Location History, dan ada juga opsi untuk menghapus seluruh riwayat Timeline.

Google Maps sekarang membuat beberapa penyesuaian pada fitur Timeline yang lebih ditargetkan untuk orang-orang yang merencanakan perjalanan mereka berikutnya, sekarang beragam pembatasan dalam perjalan karena pandemi COVID-19 akan dicabut secara bertahap. Penyesuain ini berupa, tab Trips/Perjalanan di Timeline sekarang dapat diakses secara luas oleh semua pengguna Google Maps di Android. Bagian Perjalanan/Trips akan membantu pengguna menengok kembali kenangan perjalanan di masa lalu dengan memunculkan detail seperti hotel tempat pengguna menginap, restoran yang mereka kunjungi pada liburan sebelumnya, serta landmark dan tempat wisata.

Inti dari fitur Trips di Timeline tidak hanya untuk menghidupkan kembali kenangan, tetapi juga untuk membantu pengguna merencanakan tur mereka berikutnya, terutama jika itu adalah destinasi yang pernah mereka kunjungi sebelumnya, dengan integrasi Google Foto, pengguna juga dapat melihat foto yang mereka klik pada liburan sebelumnya. Selain itu, dengan desain peta yang diperbarui dan informasi jalan yang mendetail, pengalaman merencanakan perjalanan kini akan relatif lebih nyaman. Google mengatakan bahwa detail dari perjalanan sebelumnya dapat diekspor dalam bentuk daftar dan dibagikan dengan teman juga. Tetapi jika diinginkan, pengguna dapat memilih untuk menghapus data Perjalanan/Trips mereka baik secara manual untuk jangka waktu tertentu (atau secara keseluruhan), atau mengatur jadwal hapus otomatis untuk menghapus semua data tersebut secara otomatis.

Peningkatan linimasa lainnya adalah Insight tab yang baru yang memungkinkan pengguna melihat tren bulanan yang merangkum riwayat navigasi mereka. Tab Insight memberikan detail seperti jarak dan waktu yang dihabiskan untuk moda transportasi tertentu (sepeda, mobil, penerbangan, dll.) dan waktu yang dihabiskan di tempat-tempat seperti toko, restoran, toko bahan makanan yang sering dikunjungi, dan bandara. Tentu saja, untuk mengakses data Insights dari fitur Timeline Google Maps, pengguna harus mengaktifkan riwayat lokasi. Untuk memeriksa Insights, pengguna cukup mengetuk ikon profil, pilih opsi Timeline, dan geser ke kanan hingga tab wawasan muncul. [era/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
google maps,
#
android,
#
fitur terbaru