MENU
icon label
image label
blacklogo

Google Assistant Kini Bisa Membacakan dan Membalas Langsung Pesan dari Aplikasi Chat Anda

AUG 07, 2019@10:45 WIB | 199 Views

Asisten berbasis AI terus mendapatkan bakat baru yang ditambahkan ke daftar kemampuan mereka oleh perusahaan yang mengembangkannya dengan harapan bahwa mereka akan mendominasi lapangan dan meraih posisi di depan para pesaingnya. Seperti yang ditemukan oleh AndroidPolice, Google Assistant telah mulai memperluas salah satu fiturnya yang ada secara signifikan.

Sudah beberapa waktu ini, jika Anda ingin mendengar Google Assistant membacakan pesan masuk Anda - dan menggunakan suara Anda untuk membalas pesan-pesan itu - Anda harus menggunakan beberapa aplikasi untuk melakukannya. Ini termasuk Messengers dan Hangouts milik Google sendiri, misalnya. Namun sekarang tampaknya jumlah aplikasi yang didukung telah meledak. Google Assistant sekarang dapat membaca dan membalas pesan dari aplikasi obrolan berbasis internet seperti WhatsApp, Slack, Telegram, dll.

Bagi jutaan pengguna Android yang mengandalkan aplikasi seperti WhatsApp, Telegram, Signal, Slack, atau Discord daripada aplikasi default, ini membuat fitur tersebut jauh lebih berguna. Saat meminta Google Assistant untuk "membaca pesan saya", (dengan asumsi Anda sudah mengizinkannya untuk mengakses notifikasi Anda), ia sekarang membacakan dengan lantang pesan-pesan terbaru yang Anda terima dan memberi tahu Anda dari aplikasii mana itu datang.

Dari sana, Anda dapat membalas langsung dengan suara atau mengetik, dan respons Anda akan dikirim dari dalam aplikasi pesan diterima, menandainya sebagai 'read' dalam proses. Meskipun fitur tersebut saat ini belum mendukung media apapun di luar teks - fitur ini tidak akan memutar ulang pesan audio atau video yang dikirim, misalnya – tetap saja itu membukan peluang untuk dapat diadopsi dalam beberapa kapasitas di masa mendatang.

Fitur ini belum diumumkan secara resmi oleh Google dan belum semua orang memiliki fungsionalitasnya. Jadi sementara kita dapat menganggapnya sedang dalam proses diluncurkan dan akan tersedia untuk semua pengguna dalam beberapa bulan mendatang. Semoga saja pada saat diluncurkan ternyata fitur tersebut sudah dilengkapi dengan penambahan untuk memutar pesan audio dan membalas secara audio juga.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
google,
#
google assistant,
#
whatsapp,
#
telegram,
#
slack