MENU
icon label
image label
blacklogo

Google akan Merilis Aplikasi untuk Membantu Pengguna yang Mengalami Gangguan Bicara

NOV 10, 2021@13:45 WIB | 144 Views

Orang yang memiliki gangguan ketika bicara mungkin akan merasa sulit untuk mencoba dan berbicara dengan orang-orang di sekitar mereka. Karena gangguan bicara tersebut membuat orang orang di sekitar mereka tidak memahami apa yang mereka ucapkan. Namun saat ini, Google berharap akan dapat memecahkan permasalahan tersebut dengan memanfaatkan teknologi pengenalan suara (voice recognition).

Pengenalan suara Google sebenarnya adalah salah satu media pengenalan suara terbaik yang ada di pasaran, tetapi tentunya tidak akan bekerja dengan baik dengan orang-orang dengan gangguan bicara, karena tidak ada banyak sampel untuk diambil, itulah sebabnya Google memulai kembali proyek "Relate" di tahun 2018 untuk meningkatkan pengenalan suaranya agar lebih mudah diakses oleh semua pengguna.

Aplikasi ini sekarang masih dalam versi beta, tetapi yang dapat dilakukan adalah dapat mengenali ucapan dari orang-orang yang kesulitan berbicara dengan jelas. Pengguna kemudian memiliki opsi untuk mengubah input suara itu menjadi teks yang kemudian dapat mereka gunakan untuk dimasukan ke dalam pesan atau email, atau mengulanginya dengan suara yang telah disintesis.

Aplikasi ini juga dapat berguna bagi mereka yang mungkin mencoba berbicara dengan orang asing, seperti ketika memesan minuman dari kafe. Aplikasi ini juga akan bekerja dengan Google Assistant yang akan dapat mengenali input suara dan melakukan tugas seperti biasa.

Seperti yang tadi sudah disebutkan, aplikasi ini masih dalam versi beta tetapi Google berharap untuk merekrut lebih banyak penguji dari berbagai belahan dunia untuk membantu memberikan feedback dan meningkatkan aplikasi. Jika Anda tertarik, kunjungi situs web Google untuk melihat detailnya. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
google,
#
google aps,
#
communication tools,
#
speech impediment,
#
gangguan bicara