MENU
icon label
image label
blacklogo

Google: Ada Smartphone Android Baru yang Telah Terinstall Malware

JUN 12, 2019@14:00 WIB | 182 Views

Malware pada smartphone bukan hal yang baru. Ponsel bisa terinfeksi dengan mengunduh file atau aplikasi dari sumber yang tidak resmi. Sayangnya kewaspadaan kita tidak sampai situ saja, sebab Google mengkonfirmasi bahwa ada beberapa perangkat Android baru yang bahkan sudah terinstall malware di dalamnya.

Dilansir dari Ubergizmo.com, awal tahun ini ada sebuah malware Trojan bernama Triada yang ditemukan pada sebuah perangkat Android low-end.

Konfirmasi yang diberikan oleh Google ini menjelaskan beberapa perangkat Android ini memang sengaja diisi oleh malware untuk menyebarkannya dalam rantai pasokan. Ini berarti pengguna harus jauh lebih hati-hati, bahkan sebelum memutuskan membeli smartphone Android.

Dengan adanya malware yang terinstall sejak pembelian ponsel, memungkinkan hacker untuk mengakses konten dan berbagai data yang nantinya akan diisi dalam ponsel. Ini juga memungkinkan peretas untuk mengendalikan ponsel dari jauh.

Untuk menanggulangi masalah tersebut, Google telah bekerja sama dengan OEM terkait untuk melakukan pembaruan security yang digulirkan melalui OTA, guna menghilangkan infeksi dan menutup backdoor yang ada. Sayangnya tidak diketahui berapa banyak kerusakan yang telah disebabkan malware jenis ini. [Hlm/timBX]

Tags :

#
google,
#
malware,
#
malware android