MENU
icon label
image label
blacklogo

Fitur Baru Untuk Para Pembuat Video Datang ke Facebook dan Instagram

SEP 17, 2019@15:30 WIB | 248 Views

Facebook baru saja mengumumkan sejumlah pembaruan yang ditujukan untuk pembuat video dan penerbit, selama sesi di International Broadcasting Convention (IBC) yang berlangsung di Amsterdam. Pembaruan ini melibatkan perubahan pada siaran video langsung, Facebook Watch Party dan Creator Studio, dan mereka termasuk peningkatan perangkat, set fitur yang diperluas, dan analitik yang ditingkatkan.

Sorotan termasuk cara yang lebih baik untuk mempersiapkan dan menyiarkan siaran langsung, cara untuk memanfaatkan acara Watch Party dengan lebih baik, metrik baru untuk melacak kinerja video dan opsi yang sangat dinanti untuk menjadwalkan konten Instagram / IGTV hingga enam bulan sebelumnya.

Dalam hal video langsung, Facebook mengatakan mereka mendengarkan masukan dari mereka yang telah menyiarkan langsung di platformnya, dan sekarang meluncurkan beberapa fitur yang sangat diminta ke Facebook Pages (bukan Profiles.) Perubahan tersebut merupakan upaya untuk mengakomodasi lebih baik penyiaran profesional yang ingin menggunakan kemampuan siaran langsung Facebook alih-alih atau di samping platform lain, seperti YouTube.

Melalui API Langsung, penerbit sekarang dapat menggunakan fitur "Rehearsal" untuk menyiarkan langsung hanya ke admin Pages dan editor untuk menguji pengaturan produksi baru, fitur interaktif, dan format pertunjukan sebelum ditayangkan langsung ke khalayak penuh.

Penerbit juga akan dapat memotong awal dan akhir dari video langsung, dan dapat menyiarkan langsung selama delapan jam - dua kali lipat batas sebelumnya empat jam.

Kemampuan terakhir ini telah digunakan oleh NASA, yang menyiarkan wahana antariksa delapan jam, misalnya, dan juga menyisakan ruang untuk menyiarkan hal-hal seperti siaran langsung olahraga, acara berita, dan siaran streaming game seperti Twitch.

Yang paling menonjol, mungkin, adalah bahwa perusahaan itu menyadari bahwa siaran langsung harus melayani audiens mereka di luar Facebook. Sekarang, penerbit akan dapat menggunakan aplikasi yang memungkinkan mereka mengalir ke lebih dari satu layanan streaming sekaligus, dengan menyiarkan secara langsung melalui Live API.

Facebook juga mengumumkan beberapa pembaruan baru untuk fitur co-watching-nya, Watch Party, yang mencakup kemampuan Pages untuk menjadwalkan pesta terlebih dahulu untuk membangun antisipasi, dukungan untuk "replay" yang akan membuat orang lain menikmati video setelah ditayangkan, kemampuan untuk menandai mitra bisnis dalam konten bermerek dan analitik baru.

Sedangkan untuk yang terakhir, dua metrik baru sedang ditambahkan ke Creator Studio, yaitu Minutes Viewed dan Unique 60s Viewers (jumlah total pengguna unik yang menonton setidaknya 60 detik di Watch Party). Fitur Live Commenting, yang memungkinkan pembawa acara ditayangkan dalam Watch Party untuk membagikan komentar mereka sendiri, juga sekarang tersedia secara global.

Selanjutnya adalah pembaruan untuk Creator Studio, yang digunakan penerbit untuk memposting, mengelola, menguangkan, dan mengukur konten mereka di Facebook dan Instagram.

Dasbornya akan segera menambahkan lapisan visualisasi baru di Loyalty Insights untuk membantu pembuat konten melihat video mana yang ingin dilihat penggemar setia dengan mengukur video mana yang mendorong pemirsa kembali.

Metrik Distribusi baru akan menilai kinerja setiap video berdasarkan rata-rata historis Page pada berbagai metrik, termasuk: 1 Minute Views, Avarage Minutes Watched and Rentention. Fitur ini, yang bakal diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan, akan menawarkan snapshot kinerja video yang mudah dibaca.

Creator Studio sekarang juga akan mendukung 13 bahasa lainnya untuk penulisan teks otomatis: Arab, China, Jerman, Hindi, Italia, Melayu, Rusia, Tagalog, Tamil, Thailand, Turki, Urdu, dan Vietnam. Ini adalah tambahan untuk bahasa-bahasa yang sudah tersedia, termasuk Inggris, Prancis, Portugis, dan Spanyol.

Dan akhirnya, penerbit dan pembuat video bakal dapat menjadwalkan publikasi konten Instagram Feed dan IGTV mereka hingga enam bulan ke depan. Dalam beberapa bulan lagi, penyusunan dan pengeditan Instagram Feed dan IGTV juga akan tersedia, kata perusahaan itu.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
facebook,
#
instagram,
#
live video,
#
igtv