MENU
icon label
image label
blacklogo

Firefox Kembangkan Fitur Anti-Mining Cryptocurrency

APR 10, 2019@15:42 WIB | 113 Views

Mozilla terus membangun lebih banyak fitur perlindungan berupa pelacakan pada browser Firefox-nya. Perusahaan telah mengungkapkan bahwa mereka tengah menguji fitur anti-tracking dari fingerprint, yang mana tak lagi memungkinkan situs web melacak berbagai hal dari browser dengan segera menghapus cookie. Pembaruan ini juga termasuk pemblokiran cryptocurrency di situs web.

Cara kerja sidik jadi adalah dengan mengumpulkan beberapa detail kecil tentang konfigurasi di sistem milik pengguna. Mulai dari ukuran font hingga ukuran layar. Poin ini dapat digunakan oleh layanan tracking untuk membangun sidik jari unik bagi pengguna meskupun pelacakan dinonaktifkan. Kemudian dapat digunakan juga untuk melacak mereka di situs web.

Firefos saat ini sedang menguji perlindungan anti-tracking di browsernya dan tidak lagi mengizinkan situs web untuk melakukan hal tersebut. Sebelumnya Apple juga telah mengatakan akan membawa fitur serupa ke browser Safari.

Script cryptocurrency tersembunyi  terus menjadi masalah yang sulit dihadapi. Beberapa situs web menyembunyikan skrip ini pada halaman web mereka yang membajak sumber daya PC pengguna untuk menambang mata uang digital selama mereka ada di situs web tersebut.

Kini Firefox memungkinkan pengguna untuk secara eksplisit memblokir penambang crypto jenis ini jika mereka menginginkannya. Kedua fitur ini saat ini tersedia di Firefox Nightly dan Beta Buold, masing-masing dalam versi 68 dan 67. Fitur ini dinonaktifkan secara default dan harus diaktifkan secara manual dari menu preferensi. [Hlm/timBX]

Tags :

#
mozilla,
#
firefox