MENU
icon label
image label
blacklogo

Facebook Rancang Asisten Virtual Saingi Alexa

APR 19, 2019@12:25 WIB | 208 Views

Facebook, salah satu perusahaan raksasa di bidang media sosial, dilaporkan sedang membangun sistem asisten digital yang diaktifkan suara untuk menyaingi pesaing seperti Apple Siri, Amazon Alexa, dan Google Assistant.

Laporan mengatakan bahwa raksasa media sosial tersebut telah mengerjakan inisiatif barunya itu sejak 2018. Upaya tersebut muncul seiring akuisisi mereka terhadap perusahaan augmented reality dan virtual reality.  Menurut informasi inisiatif ini dipelopori oleh tim yang berbasis di Redmond, Washington, yang dipimpin oleh Ira Snyder, Direktur AR / VR dan Facebook Assistan.

Mereka juga dilaporkan sedang berbicara dengan sekelompok vendor di pasar smart speaker untuk keseriusan proyek. Meski demikian Facebook memiliki tantangan besar jika mau bersaing dengan Alexa dari Amazon yang sudah seperti AI. Belum lagi investasi besar yang dilakukan Google dalam teknologi bahasa yang dapat dipastikan bakal meingkatkan kemampuan Google Assistant mereka.

Jika laporan itu benar, Facebook harus bekerja ekstra mengejar ketinggalan. Saat ini Amazon bisa dikatakan telah menguasai hampir 70 persen pasar, dengan Google mengangkut 30 persen lainnya. Sementara Siri bisa dikesampingkan karena itu fitur yang hanya ada di iPhone.

Namun Facebook juga telah memiliki sejumlah platform di mana mereka dapat menggunakan teman digital baru mereka. Seperti video chat Facebook Portal baru yang mewah serta headset Oculus yang kabarnya akan segera dirilis untuk pasar umum, ditambah ide baru lainnya yang mungkin sedang digodok oleh pasukan Zuckerberg.

Facebook sebenarnya telah tertarik pada produk-produk yang digerakkan oleh AI selama beberapa waktu. Namun mereka tidak bergerak segencar ataupun mengucurkan dana sebesar seperti yang diinvestasikan Google. Satu yang perlu diingat, sebenarnya raksasa media sosial itu kemungkinan sudah memulai langkah pengembangan saat mereka diam-diam mengakuisisi perusahaan startup di bidang AI, Ozlo, pada 2017.

Facebook dijadwalkan untuk mengadakan salah satu konferensi pengembang tahunannya pada akhir April. Jadi mari kita tunggu perkembangan lebih lanjut bersama.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
facebook,
#
amazon,
#
google