MENU
icon label
image label
blacklogo

CPU Desktop Intel 11th Gen Core 'Rocket Lake' Dilengkapi Xe Graphics Terintegrasi

NOV 01, 2020@09:00 WIB | 337 Views

Beberapa waktu lalu, memang sudah tersebar kabar akan rilisnya chip terbaru Intel ini, yang menurut pengamat merupakan suatu usaha perusahaan dalam menyaingi AMD. Ya, Intel berharap dapat mencuri perhatian AMD seri Ryzen 5000 dengan beberapa promosi awal tentang arsitektur CPU generasi berikutnya, yang akan digunakan untuk seri CPU Core Generasi ke-11, yang dijadwalkan untuk diluncurkan pada Q1 2021. Dengan nama kode 'Rocket Lake', keluarga Core i9, Core i7, Core i5, dan Core i3 Generasi ke-11 akan menjadi terobosan besar dari beberapa generasi terakhir Intel, yang semuanya merupakan penyegaran berulang dari arsitektur 'Skylake' Generasi ke-14 nm. 

Intel harus menghadapi banyak penundaan dan kekecewaan dalam upayanya untuk mengembangkan CPU 10nm yang lebih kecil, yang menghasilkan 14nm yang tidak pernah terjadi sebelumnya, sementara AMD telah merilis chip 7nm selama lebih dari setahun ini. Rocket Lake juga akan menjadi lini produk 14nm, tetapi dengan arsitektur baru yang akan digunakan dengan nama sandi 'Cypress Cove'. Ini pada dasarnya adalah backport 14nm dari arsitektur inti 'Sunny Cove' 10nm yang lebih modern, yang merupakan dasar dari CPU laptop 'Ice Lake' Generasi ke-10 pada tahun lalu. Chip Rocket Lake juga akan menampilkan implementasi perangkat keras grafis terintegrasi Xe baru dari Intel, meskipun tidak jelas apakah ini berarti Intel akan kembali menawarkan grafis terintegrasi pada semua CPU desktop.

Dan Intel memberi "peningkatan kinerja IPC persentase dua digit" dibandingkan dengan Generasi ke-10, merujuk pada instruksi per siklus jam sebagai ukuran efisiensi. Kekuatan grafis juga dikatakan 50 persen lebih tinggi dibandingkan penawaran saat ini. Angka kinerja absolut dan hasil benchmark masih belum diungkapkan. Model top-end Rocket Lake akan menampilkan maksimal 8 core dengan Hyper-Threading, sementara chip AMD saat ini menawarkan hingga 16 core dalam jajaran mainstreamnya. Bahkan Intel Core i9-10900K Generasi ke-10 saat ini memiliki 10 core.

Spesifikasi lainnya dan perubahan level platform termasuk dukungan untuk RAM hingga DDR4-3200, hingga 20 jalur CPU PCIe 4.0, parameter overclocking yang lebih fleksibel, akselerasi VNNI untuk aplikasi pembelajaran mendalam, USB asli 3.2x2 (20Gbps), dan logika encoder media yang ditingkatkan . Motherboard baru dengan chipset Intel 500-series akan dikirimkan bersama dengan CPU desktop Core Generasi ke-11, tetapi mereka juga harus kompatibel dengan motherboard seri 400 yang sudah ada.

Sementara chip seri AMD Ryzen 5000, termasuk 16-core Ryzen 5 5950X kelas atas akan dijual secara global pada 5 November. Berdasarkan arsitektur Zen 3 yang baru, CPU ini menjanjikan peningkatan dan peningkatan IPC gen-on-gen 19 persen. hingga 26 persen performa lebih baik dalam game. Akankah Intel mampu menyaingi AMD dengan chip Rocket Lake ini? Kita nantikan saja, blackpals! [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
cpu dekstop intel,
#
intel,
#
teknologi inovatif