MENU
icon label
image label
blacklogo

Chrome OS 70 Akhirnya Tersedia Dengan Mode Tablet

OCT 30, 2018@18:25 WIB | 194 Views

 Setelah Chrome OS 70 dirilis ke desktop dan Android pada awal Oktober lalu, sekarang dalam proses peluncuran Chrome OS 70 keseluruh perangkat Chromebook di seluruh dunia. Pembaruan terbaru ini memperkenalkan perubahan terbaru yang difokuskan untuk membuat Chrome OS lebih ramah disentuh, seperti yang dilansir oleh Chrome Unboxed.

Hal yang terpenting di antara peningkatan yang diberikan pada Chrome OS 70 adalah tampilan antarmuka baru yang menjadi pusat dari sistem taskbar dan membuat icon aplikasi tampil lebih besar dan diberi jarak untuk akses yang lebih mudah melalui sentuhan. Juga yang terbaru di bagian itu adalah quick setting menu yang lebih segar, yang menambahkan switch toggle untuk pengaturan Wi-Fi, Bluetooth, suara, dan kecerahan.

Di bagian lain, perubahan penting lainnya adalah dukungan baru untuk shortcut aplikasi Android, yang mana mengklik kanan atau mengetuk aplikasi di sistem akan menampilkan opsi kedua. Ini cocok sekali dengan dukungan floating keyboard, yang mencakup pengenalan tulisan tangan dan masukan emoji. Keyboard bahkan dapat di-undock dengan panjang yang mirip dengan Gboard Android, perubahan signifikan dari versi Chrome OS sebelumnya yang menghabiskan separuh layar hanya untuk keyboard saja.

Saat ini, tidak semua model Chromebook memenuhi syarat untuk pembaruan ini dan hanya ada sekitar 33 persen dari semua perangkat Chromebook yang mendapatkannya sejauh ini. Google secara resmi mengatakan bahwa “sistem ini akan menerima pembaruan selama beberapa hari berikutnya,” jadi tidak semua orang akan melihat pembaruan segera.

Ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat bahwa Chrome OS 70 juga memperkenalkan dekoder video AV1 baru, yang berfokus pada kualitas video yang lebih baik. Fitur baru pada perangkat lunak ini tidak selalu berfungsi dengan baik dengan perangkat keras yang lebih lama.

Perubahan penting lainnya di Chrome OS 70 yaitu kontrol baru untuk mengelola extension dan peringatan “not secure” saat memasukkan informasi pribadi di halaman web non-HTTPS.

Sungguh bahagia sekali rasanya untuk melihat Google membuat Chrome OS lebih optimal dengan sentuhan, terutama karena semakin banyak Chromebook yang menggunakan layar sentuh dan fitur premium lainnya. Perangkat lunak baru ini kemungkinan akan bagus juga pada perangkat layar sentuh yang berukuran lebih besar seperti Chromebook bezel tipis dari Asus.[tje/timBX]

Tags :

#
google,
#
chrome,
#
os70,
#
chrome os 70,
#
tablet