MENU
icon label
image label
blacklogo

Bose Sport Earbuds Tawarkan Suara Sempurna dan Pas, Ini Kelemahannya

OCT 13, 2020@14:00 WIB | 91 Views

Bose Sport Earbuds hadir dengan suara luar biasa dan pas namun memiliki satu kelemahan. Sementara Earbud QuietComfort peredam bising dari Bose mendapat banyak perhatian, kini Earbud Sport yang lebih murah pun menarik perhatian.

Executive Editor David Carnoy memberikan ulasan mendetail tentang Bose Sport Earbuds untuk CNET. Sebelumnya, ia telah mengulas Bose Sport Earbuds pada Juni 2019. Saat itu, ia mencoba prototipe dari Bose yakni Earbuds 500 yang tidak berfungsi. Setahun lebih kemudian, earbuds ini memasuki pasaran dengan harga $ 179 (£ 180, AU $ 300) sekitar 2,6 Juta Rupiah. Produk itu alternatif yang lebih terjangkau dan tidak bising daripada Earbud QuietComfort andalan Bose yang dijual $ 279 (£ 250, AU $ 400) sekitar 4 Juta Rupiah. Meskipun model Sport memiliki beberapa kelemahan—kualitasnya selama panggilan telepon bisa lebih baik. Sebab memiliki fitur suara sangat baik, lebih ringan dan lebih kecil dari Earbud QuietComfort, serta sedikit lebih nyaman untuk dipakai.

Sport Earbud memiliki peringkat tahan percikan IPX4 yang sama dengan Earbud QuietComfort, dilengkapi Bluetooth 5.1 dan berbagi estetika desain serupa, dengan tiga pilihan warna. Mereka tidak memiliki peredam bising aktif dan satu jam lebih sedikit masa pakai baterai—lima jam bukan enam—serta tidak ada pengisian nirkabel. Meskipun menonjol dari telinga, mereka terlihat lebih kecil dan lebih ringan dari Earbud QuietComfort dan kasingnya sekitar 30% hingga 40% lebih kecil. Kasingnya masih tidak sekecil kasing untuk pesaing seperti AirPods Pro, Samsung Galaxy Buds Plus, Galaxy Buds Live, dan Jabra Elite 75t. Tapi rasanya cukup kompak.

“Saya merasa tipe ini sedikit lebih nyaman dipakai daripada Earbud QuietComfort, yang berfungsi dengan baik untuk aktivitas olahraga. Tetapi Sport Earbud akan lebih baik untuk pelari dan pesepeda, sementara Earbud Sport dan Earbud QuietComfort menonjol dari telinga dan menimbulkan suara angin - Galaxy Buds Live lebih baik untuk bersepeda,” tulis David Carnoy seperti dilansir CNET.

Kontrol sentuhnya cukup responsif meski terbilang terbatas. Anda dapat mengetuk dua kali earbud kiri untuk memajukan trek, ketuk bud kanan sekali untuk menjeda, dan ketuk dan tahan bud kanan untuk mengakses asisten suara Anda. Tidak ada kontrol volume pada bud itu sendiri.

Dua nilai jual utama

Dua nilai jual terbesar Sport Earbuds adalah kesesuaian dan suaranya. Earbud mencakup tiga ukuran berbeda dari eartips StayHear Max baru produk Bose, yang telah mengintegrasikan sayap yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan suara yang benar-benar pas. Sebagian besar earbud peredam bising dirancang untuk dipasang di telinga. Dengan earbud Bose—termasuk SoundSport Free sebelumnya—ujung StayHear adalah yang paling menonjol dari telinga dan bagian utama dari kuncup keluar dari telinga. Ini bukan tampilan terbaik, tetapi beberapa orang menyukai cara pemasangan earbud Bose, dan dengan tip besar saya bisa mendapatkan penutup rapat yang secara pasif menutup banyak kebisingan sekitar dan memungkinkan mendapatkan kualitas suara yang optimal.

Bose telah berupaya untuk mengurangi ukuran Sport Earbuds setelah beberapa orang mengeluhkan pendahulunya, SoundSport Free, yang hanya sedikit terlalu besar dan berat. Sedangkan yang terbarunya lebih kecil. Tapi Bose hanya mengecilkan bentuknya tanpa mengurangi masa pakai baterai dan kinerja, jadi mereka tidak terlihat bijaksana seperti halnya beberapa pesaing.

Earbud Sport tidak terdengar cukup dinamis dan bassnya tidak sedalam Earbud QuietComfort, tetapi sangat seimbang dengan detail yang bagus dan bass yang mengentak. Saya merasa Sport Earbuds sedikit lebih cerah. (Saat ini tidak ada equalizer di aplikasi pendamping Bose Music untuk iOS dan Android.) Meskipun mungkin sebagian dari Anda berpikir Sport Earbud lebih baik daripada Earbud QuietComfort - telinga dan otak setiap orang berbeda - saya sedikit lebih suka suara QuietComfort Earbuds, meskipun saya akan senang mendengarkan kedua model tersebut.

Pemilik SoundSport Free harus memperhatikan bahwa suara Sport Earbud jauh lebih baik, dengan kejernihan dan definisi bass yang ditingkatkan.

Adapun bagaimana mereka membandingkan dengan produk pesaing dalam kisaran harga mereka, mereka sedikit lebih baik daripada earbud berperingkat tinggi seperti Samsung Galaxy Buds Plus dan Jabra Elite 75t. Mereka hanya menawarkan sedikit lebih banyak kejernihan dan bass yang lebih bertenaga dengan definisi yang lebih baik. Namun, model tersebut memiliki desain yang lebih tersembunyi, dan menawarkan kinerja panggilan suara yang superior.

Penilaian kualitas panggilan

SoundSport Free dikritik karena hanya memiliki suara mono untuk panggilan - artinya, audio panggilan telepon hanya masuk melalui earbud kanan. Sport Earbud memiliki suara stereo selama panggilan, meskipun mikrofon hanya ditempatkan di bud yang tepat, jadi itulah satu-satunya pilihan Anda jika ingin membuat panggilan hanya dengan satu bud. Kualitas panggilan cukup bagus - saya dapat mendengar penelepon dengan baik dan mereka dapat mendengar saya - tetapi jika saya pergi ke lingkungan yang lebih berisik, volume suara saya terkadang akan turun sedikit.

Faktanya, Bose mengatakan bahwa SoundSport Free memiliki dua mikrofon di earbud kanan untuk pengambilan suara, dibandingkan dengan total enam mikrofon pada Earbud QuietComfort. (Setidaknya beberapa di antaranya digunakan untuk menangani peredam bising aktif pada model yang terakhir.)

“Saya pikir insinyur Bose dapat membuat beberapa perbaikan melalui peningkatan firmware - atau setidaknya saya berharap mereka bisa. Tapi untuk saat ini, panggilan suara hanya layak tetapi kurang bagus daripada para pesaingnya. Seharusnya sedikit lebih baik untuk satu set earbud seharga $ 180 (2,6 Juta Rupiah).” Kata David.

“Seperti yang saya katakan dalam ulasan saya tentang QuietComfort Earbuds, jika pembatalan kebisingan yang hebat adalah apa yang Anda cari - atau Anda hanya menginginkan fleksibilitas untuk memilikinya - Anda tidak perlu ragu untuk menghabiskan uang ekstra untuk Earbud QuietComfort. Tetapi jika Anda tidak perlu membatalkan secara aktif atau merasa tidak nyaman (beberapa orang sensitif terhadapnya), Earbud Olahraga memberikan suara yang sangat baik dan kenyamanan, keamanan yang pas. Yang mengatakan, saya pikir dengan semua model nirkabel sejati yang baru keluar, Bose pada akhirnya harus menurunkan harga ini (menjadi kurang dari $ 150) untuk membuatnya lebih kompetitif.” Terang David menutup. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
bose sport earbuds,
#
earbud quietcomfort,
#
bose,
#
earbuds