MENU
icon label
image label
blacklogo

Asisten Suara Digital “Alexa” Lebih Pintar Menjawab Pertanyaan

NOV 12, 2020@16:30 WIB | 217 Views

Tata dunia baru dan pola hidup efisien berkelindan dalam arus inovasi teknologi yang didukung oleh kecerdasan buatan. Ada asisten suara digital sebagai pembantu manusia di lingkungan rumah pintar alias smarthome yang dapat menjawab apa yang diperintahkan tuannya. Tentu saja masih ada banyak perlatan pintar yang mempermudah pekerjaan manusia teknologi.

Sejauh ini, setiap peralatan pintar pembantu manusia belum sepenuhnya sempurna, begitu pula dengan asisten suara digital ini. Sebagai benda dengan kecerdasan buatan yang dapat menjawab pertanyaan tuannya—jawaban tersebut hanya sesuai dengan jawaban yang telah diprogram. Singkatnya, peralatan ini belum terlalu pintar.

Namun kini, ada asisten digital Alexa dari Amazon. Benda dengan kecerdasan buatan tersebut, dinyatakan oleh perusahaan telah mengalami sejumlah perubahan yang akan membuatnya lebih pintar sehingga dapat mengantisipasi kebutuhan tuannya dengan lebih baik.

"Sekarang, kami mengambil langkah lain menuju interaksi alami dengan kemampuan yang memungkinkan Alexa menyimpulkan sasaran laten pelanggan - sasaran yang tersirat dalam permintaan pelanggan tetapi tidak diekspresikan secara langsung.” Tulis Amazon.

“Misalnya, jika pelanggan bertanya, 'Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyeduh teh?', Sasaran latennya dapat berupa menyetel pengatur waktu untuk menyeduh secangkir teh. Dengan kemampuan barunya, Alexa mungkin menjawab pertanyaan tersebut, 'Lima menit adalah awal yang baik', kemudian dilanjutkan dengan bertanya, 'Mau saya setel timer untuk lima menit?' ” sambung Amazon.

Amazon mencatat, kendati konsep ini mungkin tampak sederhana di permukaan, mereka mengatakan bahwa di balik terpal, "algoritme canggih" digunakan untuk menentukan apakah suatu pertanyaan mungkin memerlukan tindak lanjut. Ini dilakukan untuk membantu mencegah fitur agar tidak terlalu mengganggu pengguna, yang akan mencoba untuk menentukan apakah kueri Anda memerlukan tindak lanjut atau tidak.

Amazon pun akan mengandalkan apa yang dikenal sebagai pembelajaran bandit untuk membantu AI melacak apakah rekomendasi tersebut membantu atau tidak, dan bagi mereka yang tidak terlalu berguna, mereka akan ditekan. [asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
asisten suara digital,
#
alexa amazon,
#
kecerdasan buatan,
#
smarthome