MENU
icon label
image label
blacklogo

Android Q Mengusung Banyak Fitur Menarik

MAY 12, 2019@14:29 WIB | 65 Views

Android versi terbaru akan segera diluncurkan. Meski namanya masih dirahasiakan, Google telah mengungkapan beberapa rincian tentang Android versi 10 atau Android Q. Android Q akan hadir dengan layarnya yang dapat dilipat. Selain itu, Android Q juga akan mendukung generasi ke lima jaringan seluler, 5G.

Live Caption

Beberapa fitur terbaru lainnya pun menarik, seperti Live Caption yakni fitur baru yang dioperasikan oleh machine learning. Live Caption merupakan aplikasi yang dapat memberikan keterangan langsung  (live caption) di semua media yang dapat memutar audio. Contohnya seperti podcast, video, maupun pesan audio.

Menariknya, ucapan yang telah terdeteksi akan langsung dikonversi menjadi teks dan fitur ini tidak memerlukan koneksi internet.

Smart Reply

Adapun fitur lain yang juga didukung machine learning adalah Smart Reply yang berarti Balas Cerdas. Fitur Smart Reply ini dapat diopeasikan pada semua aplikasi chatting di Android Q.  Seperti namanya, fitur ini dapat dibilang bermanfaat karena kecerdasanya. Pasalnya, fitur ini akan memberikan notifikasi jika pengguna mendapatkan pesan berupa alamat dan pengguna dapat langsung terhubung dengan maps. Tentunya, fitur ini akan memudahkan pengguna karena tidak perlu membuka pesan yang berisikan alamat tersebut.

Dark Theme

Selain kedua fitur tersebut, Android Q juga menghadirkan fitur Dark Theme atau Modus Gelap. Fitur ini merupakan salah satu yang digaungkan dalam peluncuran Android Q. Modus gelap  ini nantinya akan otomatis hidup ketika fitur penghemat baterai diaktifkan.

50 Fitur Keamanan dan Mode Fokus

Tak kalah penting, Android Q juga siap meluncukan hampir 50 fitur baru untuk keamanan dan privasi. Berikutnya yaitu fitur Mode Fokus yang sudah tesedia untuk perangkat Android 9 Pie. Pada fitur Mode Fokus pengguna dapat dibantu dengan tidak adanya notifikasi untuk selang waktu yang telah diatur.

Family Link

Bagi Anda yang memiliki anak kecil, fitur beriku ini sangatlan Anda butuhkan. Fitur ini merupakan fitur kontrol orang tua yang diberi nama Family Link. Fitur tersebut akan disematkan pada perangkat yang sudah memiliki fitur Digital Wellbeing. Tentu saja dipelopori oleh Android Q.

Fitur Famili link dapat memungkinkan perangkat anak untuk tersambung ke perangkat orang tua.Tujuannya adalah untuk meninjau aplikasi, waktu yang dihabiskan untuk aplikasi, menetapkan batasan harian pada perangkat anak, juga menentukan waktu tidur. Android Q juga menyediakan fitur untuk mengatur batas waktu beberapa aplikasi serta mengatur periode penggunaan gadget sebelum tidur. Fitur yang satu ini sangat membantu para orangtua untuk mengatasi anak dari kecanduan gadget. Sangat menarik bukan? Kabarnya versi Android Q beta tersedia hanya untuk 21 ponsel dari 13 merek.

Tags :

#
android q,
#
android versi 10,
#
black tech