MENU
icon label
image label
blacklogo

AMD Siap Gusur Intel Dengan Prosesor Server 64 Core

AUG 10, 2019@17:05 WIB | 119 Views

Kembali di Computex 2019 ketika CEO AMD Lisa Su mengambil panggung untuk mengungkap semua prosesor Zen 2 yang Team Red akan rilis tahun depan, kita tahu bahwa prosesor server sedang dalam perjalanan. Sekarang, mereka telah ada di sini.

AMD telah meluncurkan prosesor Epyc-nya, dan mereka menampilkan beberapa spesifikasi yang cukup serius. Dengan prosesor server ini, Anda bisa mendapatkan hingga 64-core asalkan Anda bersedia untuk mengeluarkan  6.950 dolar AS (sekitar 98 juta rupiah lebih) yang menjadi banderol harganya.

Sudah jelas, prosesor AMD Epyc adalah untuk server, yang berarti Anda tidak akan menemukannya di PC gaming terbaik. Tetapi mereka juga berfungsi sebagai contoh di mana arsitektur 7nm (nanometer) Zen 2 AMD dapat digunakan ketika didorong ke ekstrem. Prosesor ini menampilkan peningkatan IPC 15 persen (instruction per clock) dibandingkan rekan-rekan Ryzen 3rd Generation-nya, karenanya mereka mampu menghasilkan kinerja hingga 80 persen lebih cepat daripada produk-produk generasi terakhir tersebut.

Menggabungkan peningkatan kinerja dasar dengan dukungan hingga 4TB RAM dalam pengaturan dual-CPU dan kebutuhan daya yang relatif rendah, AMD memiliki daya tembak yang serius di dalam persaingan server - di mana perang AMD vs Intel sepertinya akan segera menemui konklusi pemenang. Berkat peningkatan kinerja inilah AMD baru saja mampu merengkuh Google dan Twitter sebagai pelanggan, seperti dilansir Reuters.

Kebanyakan orang mungkin tidak memiliki modal yang mereka miliki untuk benar-benar menggunakan prosesor ini. Tetapi itu tidak berarti bahwa ini sama sekali tidak berarti bagi konsumen umum yang menginginkan prosesor terbaik untuk bermain game.

Belakangan AMD telah memberikan Intel pukulan di ruang konsumen, dengan mengalahkan seluruh tumpukan produk utama Team Blue hanya dengan Ryzen 7 3700X miliknya. Tetapi dalam skema besar, itu tidak seberapa dibandingkan dengan margin dalam pertarungan untuk perusahaan kelas atas. Perang prosesor sesungguhnya terjadi ketika klien seperti Google dan Twitter menjadi taruhan. Meski ini adalah area di mana Intel secara tradisional mendominasi,. tapi analis sudah memperkirakan chip Epyc ini akan mengancam Intel secara serius.

Jadi, walaupun Anda mungkin tidak akan bisa mendapatkan chip baru ini, mereka tetap bakal menjadi pemain utama di masa depan. Kemungkinan tercepat Anda turut merasakan kedigdayaan prosesor baru AMD ini adalah mungkin feed Twitter Anda akan termuat lebih cepat.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
amd,
#
epyc,
#
intel