MENU
icon label
image label
blacklogo

Akankah Face ID Jadi Bagian dari Mac Masa Depan?

NOV 19, 2020@13:30 WIB | 87 Views

Sejak Face ID diperkenalkan ke iPhone, banyak yang bertanya-tanya apakah suatu hari nanti Apple akan membawanya ke Mac. Lagipula, mereka memang menghadirkan Touch ID ke laptop MacBook, jadi mengapa tidak dengan Face ID? Kini, setelah Mac M1 dirilis, sepertinya kita bisa selangkah lebih dekat.

Tentu saja sulit untuk memprediksi dengan tepat apa yang akan dilakukan oleh Apple, tetapi tampaknya perusahaan cukup serius untuk mungkin menerapkan Face ID ke perangkat non iPhone. Asumsi ini mencuat berkat paten yang ditemukan oleh Apple World Today, di mana perusahaan tersebut telah menemukan metode lain untuk menerapkan Face ID ke komputer.

Ini bukan paten pertama yang mencoba mengintegrasikan Touch ID ke dalam komputer Mac. Fakta ini mendekatkan kita pada pertanyaaan ‘kapan’, yang nyata menyiratkan adanya kemungkinan. Mengadaptasi Face ID ke Mac dapat disebut dengan masalah yang akan segera terjawab.

Dengan peluncuran Mac berbekal chip M1 yang mumpuni, Apple sepertinya sudah membuka pintu ke pembelajaran mesin yang lebih canggih serta pemroresan video dan foto di Mac. Mac ini juga menjalankan iOS, sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Namun, masa depan komputasi Apple belum meluas ke dalam desain. Kecuali, Anda menganggap komputer lainnya di masa depan, iPad Pro.

iPad dan Magic Keyboard terasa lebih futuristik daripada MacBook M1. Ini karena iPad Pro dilengkapi dukungan Face ID, layar sentuh, dan mendukung Apple Pencil. Ini bahkan memiliki trackpad, keyboard, dan seluler sendiri, meskipun opsional.

Lantas, mengapa Mac tidak menawarkan fitur menarik ini? Asumsi sementara adalah karena pabrikan tampak sedang mencari celah antara iPad dan Mac; sesuatu yang praktis dan brilian.

Kembali pada Face ID, fitur ini bukanlah teknologi baru, mengingat sudah banyak pabrikan ponsel yang menerapkannya. Begitu pula dengan komputer Apple; terkecuali Mac mini dan Mac Pro; mengandalkan layar eksternal, dengan semua komputernya dilengkapi kamera internal. Artinya mengintegrasikan Face ID seharusnya tidak terlalu rumit.

Dapat dibayangkan bahwa dengan adanya Face ID, Anda dapat bekerja jauh lebih cepat ketimbang dengan Touch ID. Menempatkan Face ID di MacBook tentu akan membuat segalanya jauh lebih mudah. Selain itu, Apple juga mulai memperkenalkan chip keamanan dalam bentuk T2 yang akan membantu implementasi dan keamanan Face ID. Bagaimanapun, kita harus menunggu dan melihat perkembangannya. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
face id,
#
touch id,
#
laptop macbook,
#
mac m1,
#
teknologi inovatif,
#
macbook