MENU
icon label
image label
blacklogo

Advanced Protection Program, Program Perlindungan Unduhan Berisiko di Chrome

AUG 07, 2019@12:04 WIB | 122 Views

Advanced Protection Program merupakan salah satu dari banyak list fitur program keamanan Google yang terbaru. Mulai hari ini, pengguna yang terdaftar di Program Perlindungan Lanjutan (Advanced Protection Program) Google, tak perlu khawatir dengan unduhannya karena keamanan terhadap tiap unduhan yang dilakukan di browser Chrome terjamin.

Hal ini karena Advanced Protection Program adalah suatu program khusus yang memberikan peningkatan keamanan dan perlindungan bagi pengguna akun Google dengan profil tinggi seperti jurnalis, aktivis, politisi, dan pemimpin bisnis serta lainnya. Akun dengan profil tinggi nantinya akan mendapatkan perlindungan tambahan untuk unduhan yang dibuat di browser Chrome.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Google mengatakan bahwa pengguna yang terdaftar dalam Program Perlindungan Lanjutan (Advanced Protection Program) hanya perlu mengaktifkan sinkronisasi dengan aplikasi browser Chrome. Kemudian, saat pengguna mencoba mengunduh file yang diidentifikasi Chrome sebagai file yang berpotensi berbahaya, maka Chrome akan menampilkan kotak dialog yang memberi peringatan atau bahkan memblokir unduhan tersebut.

Google mengatakan menambahkan fitur ini untuk sistem pelindungan yang lebih baik terhadap serangan yang terjadi di luar email melalui malware yang ditautkan dan unduhan tidak disengaja dari perangkat lunak (software) berbahaya.

Advanced Protection Program ini telah membawa beberapa peningkatan keamanan ke akun Google. Misalnya, program ini memerlukan dua kunci keamanan fisik (satu bertindak sebagai cadangan). Setelah mendaftar, program ini memerlukan menggunakan kunci selain kata sandi untuk masuk ke akun Google, dan itu membatasi akses dari luar ke Gmail, Drive file, aplikasi Google, dan “pilih aplikasi pihak ketiga”( “select third party apps”). Jika pengguna perlu memulihkan akses ke akun mereka, ada langkah verifikasi tambahan untuk memverifikasi identitas pengguna.

Kabar hari ini menyusul dengan pengumuman keamanan tambahan yang dibuat perusahaan pada minggu lalu. Sebelumnya Google telah mengumumkan perluasan kunci keamanan dua faktor otorisasi Google Titan ke Kanada, Jepang, Inggris, dan Prancis, serta program beta yang memungkinkan admin G Suite, Google Cloud Platform, dan Cloud Identity untuk mendaftarkan pengguna profil tinggi di organisasi mereka ke dalam Program Perlindungan Lanjutan (Advanced Protection Program) ini. Karena semakin banyak pelanggan memikirkan keamanan, perlindungan ini harus datang sebagai penyambutan yang diharapkan akan melindungi lebih banyak data pengguna ke depannya.[inn/hsn/timBX]

Tags :

#
google chrome,
#
keamanan unduhan,
#
security download,
#
advanced protection program