MENU
icon label
image label
blacklogo

7 Tips dan Trick Maksimalkan Kamera Samsung Galaxy Note 20 Series

SEP 04, 2020@18:00 WIB | 242 Views

Galaxy Note 20 hadir dengan camera bump yang tebal, namun tentu itu tidak jadi halangan untuk ia berkreasi. Setup tiga kamera ini mampu melakukan zoom super, atau tracking obyek bergerak. Terlebih lagi, Samsung telah membawa peningkatan signifikan di mode Pro Camera. Jadi kalau Blackpals masih bingung cara memaksimalkan kamera Galaxy Note 20 Series, berikut ada beberapa tips dan trick serta setting yang bisa di-explore.

1. S Pen Gesture

Tidak salah memang kalau kita sebut S Pen itu semacam tongkat sihir di Galaxy Note 20, di mana pena ini bisa digunakan untuk menulis catatan hingga scrolling saat browsing. Nah untuk sektor kamera, S Pen juga dapat digunakan untuk menangkap foto, bahkan Blackpals bisa scroll mode kamera, mengubah orientasi kamera, bahkan zooming dengan S Pen.

Untuk melihat apa saja yang bisa dilakukan S Pen dalam aplikasi kamera, Balckpals bisa menuju ke Settings > Advanced features > S Pen > Air Actions, dan tap Camera. Di situ ada daftar seluruh dukungan gesture S Pen berikut caranya.

2. Zoom

Mungkin kita sudah tahu jika Note 20 Ultra memiliki 5x zoom optic dan 50x super resolution zoom. Namun jika kita tap ikon Zoom di mode Photo atau Video, ia akan loncat ke 5x zoom, nah walau ini sangat membantu, tapi untuk beberpa kasus seperti perekaman video, zoom dengan halus akan memberikan hasil yang lebih dramatis.

Caranya zoom dengan halus adalah dengan menggunakan metode pinch to zoom gaya lama, dan saat zoom bar terlihat, tap layar lalu dengan seret jari perlahan ke atas.

3. Pro Mode

Mode Pro video adalah fitur baru yang cukup inovatif di duo Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra. Seperti namanya, fitur ini memampukan kita mengendalikan bergam aspek dari video secara manual seperti ISO, White Balance, Exposure, dan lainnya

4. Audio

Galaxy Note 20 series dilengkapi dengan kemampuan menangkap suara dalam video lewat Bluetooth. Duo smartphone ini hadir dengan lima pilihan tambahan untuk merekam audio saat di mode pro video. Kini kita bisa menangkap suara melalui kamera depan, belakang, lewat perangkat USB atau perangkat Bluetooth yang terkoneksi seperti Galaxy Buds. Untuk mengakses menu ini, buka mode Pro Video, dan tap pilihan Audio di sebelah kiri.

5. Video Stabilizer

Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra dibekali OIS (Optical Image Stabilization) dan EIS (Electronic Image Stabilization) untuk merekam video yang lebih smooth dengan meredam goncangan. Nah saat kita mulai merekam, kedua fitur ini akan menyala secara otomatis. Tapi jika Blackpals mau take it to the next level, bisa menggunakan Super Steady mode. Cara mengaktifkannya adalah dengan menekan ikon bergambar tangan di bagian atas.

6. Single Take

Single Take adalah salah satu fitur yang cukup favorit di duo Galaxy S20 kemarin dan fitur ini pun hadir kembali di Galaxy Note 20 dan Note 20 Ultra dengan sedikit upgrade. Sebelumnya, mode ini akan menangkap video 10 detik secara default, nah kini di Galaxy Note 20 Series, kita bisa menentukan waktunya. Caranya adalah dengan menekan tombol timer di kanan bawah dan drag slider-nya ke kanan.

7.  Scan Document

Dengan Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra kita bisa buang aplikasi scanner karena kedua smartphone ini telah memiliki aplikasi pemindai dokumen built in yang powerful. Namun fitur ini harus diaktifkan dulu sebelum digunakan. Caranya adalah, masuk ke pengaturan kamera Scene optimizer dan nyalakan pilihan Document scan. Jadi ketika kamera mengendus ada dokumen tulisan tertangkap di sensor, ia akan menunjukkan tanda berupa tombol scan berwarna kuning.

Yap, sesungguhnya masih banyak lagi fitur dan mode yang ditawarkan kamera duo Galaxy Note 20 seperti Food Mode, Super Slow-Mo, atau Live Focus Video. Mode Food mampu menangkap foto makan dengan detail yang ekstra dan kita dapat menambahkan efek blur untuk mendramatisasinya.

Setup kamera yang mengaggumkan dari duo Galaxy Note 20 mampu menangkap foto dan video yang terang dan tajam di kondisi low-light maupun di kondisi cahaya normal, yang Blackpals perlu lalukan hanya mengeksplorasinya secara mendalam for a quality shot. [leo/timBX]

Tags :

#
galaxy note 20,
#
samsung galaxy note 20,
#
samsung galaxy note 20 series,
#
kamera samsung galaxy note 20