MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Search Engine Alternatif Selain Google

APR 13, 2019@10:10 WIB | 91 Views

Di era digital seperti sekarang ini, mesin pencari sudah menjadi kebutuhan yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Ada banyak sekali informasi yang bisa kita gali dengan cepat dari mesin pencari. Misalnya mencari artikel, gambar, musik, video, aplikasi, hingga barang yang tersedia di toko online. Semua informasi yang kita cari akan langsung ketemu dengan hanya memasukan kata-kata kunci yang dimaksud pada kolom pencarian.

Saat ini Google masih menjadi mesin pencari terfavorit dan paling banyak digunakan oleh netizen. Baik melalui perangkat smartphone, tablet, maupun desktop. Namun tahukah blackpals bahwa ternyata Google bukanlah satu-satunya search engine yang ada.

Nah ini beberapa mesin pencari yang mungkin belum pernah blackpals dengar sebelumnya, tapi punya kemampuan yang tidak kalah dari Google

1. Bing

Bing merupakan mesin pencari yang menguasai sekisar 4,30 persen trafik pencarian global. Bing menduduki posisi 41 peringkat situs populer dunia dan peringkat 3 mesin pencari populer dunia (data alexa). Selain itu search engine ini sekarang sudah terintegrasi dengan Microsoft Office Online. Fitur Safe Search yang tersedia pada Bing memberikan perlindungan user dari kemungkinan serangan malware yang bersembunyi dibalik laman web.

2. Ask

Ini merupakan mesin pencari yang belum diketahui banyak orang. Ask bekerja dengan menggunakan algoritma yang unik, di mana saat pengguna mencari informasi menggunakan kata kunci, maka otomatis Ask akan langsung memberikan relasi jawaban yang relevan dengan keyword yang diinput.

Ask menempati posisi  145 peringkat situs populer dunia serta menguasai 4.20 persen trafik pencarian global. Sayangnya search engine ini belum melengkapi kategori pencariannya, sehingga hasil yang ditampilkan hanya berupa web dan video.

3. Duckduckgo

Jika kalian ingin mengunakan search engine yang melindungi data privasi penggunanya, maka silakan pakai Duckduckgo.com. Situs mesin pencari tersebut mengklaim bahwa mereka tidak akan pernah mengumpulkan atau menyimpan  informasi data pengguna. Jadi search engine ini layak dijadikan alternatif yang bisa digunakan tanpa khawatir ancaman kebocoran data atau privasi.

4. CC Search

Mesin pencari ini menyediakan hasil pencarian konten bebas hak cipta. CC Search sangat cocok bagi kalian yang ingin mencari musik, gambar untuk blog, atau konten apapun yang berhubungan dengan hak cipta. Karena dengan menggunakan situs ini kalian bebas mencari konten apapun dan tidak perlu khawatir lagi terkena kasus hak cipta saat akan menambahkanya ke dalam video Youtube maupun blog.

5. Gibiru

Mereka mengklaim hasil pencarian mereka yang bersumber dari algoritma Google yang dimodifikasi, sehingga pengguna akan mendapatkan informasi yang mereka cari tanpa khawatir akan terkena fitur pelacakan. Gibiru tidak menggunakan fitur Cookie sehingga dapat melindungi privansi pengguna dari aktifitas pelacakan

Itu lah 5 mesin pencari selain Google yang bisa blackpals gunakan sebagai alternative. Sebagai info, jumlah mesin pencari di dunia ini sebenarnya sangat banyak sekali dan sebagian besar mesin pencari yang ada belum dimanfaatkan dengan maksimal. Oh ya, Indonesia juga sudah mempunyai mesin pencari sendiri, namanya Geevv.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
search engine,
#
google,
#
bing,
#
duckduckgo