MENU
icon label
image label
blacklogo

3 Aplikasi ini siap antar Anda Pulang ke Kampung Halaman

JUL 01, 2016@13:16 WIB | 1,731 Views

Dapat berkumpul kembali dengan keluarga dan teman di kampung halaman setelah hampir setahun atau bakan lebih tidak bertemu menjadi momen yang paling ditunggu saat menjelang Lebaran seperti sekarang ini. Berbagai persiapan pun dilakukan, mulai dari moda transportasi yang akan digunakan, buah tangan yang akan dibawa, tiket, pakaian salin, peta jalur mudik, mencari informasi bengkel yang tersedia di jalur mudik, reservasi penginapan jika perjalanan yang ditempuh memang jauh, obat-obatan, snack, angpau, kartu ucapan hari raya, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, jauhnya jarak yang bakal ditempuh memaksa Anda untuk turut menyiapkan fisik dan mental. Ini penting, mengingat kondisi jalan bakal diwarnai dengan kemacetan akibat membludaknya pemudik yang mengambil jalur darat dalam waktu bersamaan. Nah, agar perjalanan mudik kali ini tambah lancar serta nyaman, Tim BX kembali menyajikan tiga aplikasi pendukung mudik yang berkaitan dengan layanan umum. Penasaran?

Obeng Online

Dari sisi tampilan, aplikasi gratisan asli Indonesia hasil garapan PT Satu Lingkar Teknologi ini terlihat begitu minimalis. Namun dibalik kesederhanaan tampilan antarmukanya, Obeng Online ternyata dilengkapi dengan segudang fitur mumpuni  yang sangat membantu Anda ketika menempuh perjalanan menuju ke kampung halaman. Banyaknya data bengkel yang terdaftar di aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mencari bengkel terdekat untuk segera memperbaiki kendaraan jika tiba-tiba mengalami kerusakan.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mempercantik tampilan kendaraan, atau hanya sekadar ingin membersihkan mobil atau motor yang kotor setelah melakukan perjalanan berkilo-kilometer lewat aplikasi ini. Untuk menggunakan Obeng Online sendiri sangat mudah, dan tidak perlu melakukan pengaturan yang ribet. Setelah aplikasi Anda unduh dan terpasang di perangkat, Anda sudah bisa langsung menjalankan aplikasi ini.

Agar semua fitur yang disediakan dapat berjalan lancar, Anda diwajibkan untuk mendaftar terlebih dahulu dengan memasukkan akun Facebook atau G+ yang masih aktif. Jika proses registrasi sudah selesai, Anda akan langsung digiring ke halaman utama yang menyajikan beberapa menu fitur utama, seperti bengkel Mobil atau Motor terdekat, 10 Top Review bengkel terbaik, serta pencarian. Sebagai tambahan, sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan Anda sudah mengaktifkan GPS atau pengaturan lokasi yang ada di perangkat.

Jika kendaraan roda empat tiba-tiba mengalami masalah selama perjalanan mudik, Anda tinggal mengetuk menu Bengkel Mobil terdekat. Secara cerdas, Obeng Online akan langsung mendeteksi bengkel terdekat dari posisi Anda berada dalam bentuk peta. Menariknya, Anda dapat mengubah mode tersebut ke tampilan list dengan cara mengetuk lingkaran merah yang letaknya berada di kanan bawah layar.

Dengan mode list ini, Anda akan disuguhkan nama-nama bengkel terdekat, lengkap dengan gambar bengkel, rating, direction, dan komentar. Namun jika ingin mendapatkan informasi lebih lengkap soal alamat, kategori, dan nomor telepon, Anda cukup men-tap nama bengkel tersebut. Anda juga dapat mengetahui bagaimana kualitas bengkel tersebut berkat ulasan dari pengguna yang pernah datang. Jika Anda ingin melihat semua informasi secara cepat, Anda dapat mengetuk ikon bengkel tersebut dalam mode peta.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk mencari kategori lain yang tak kalah kerennya lagi, seperti Mesin, Audio & Accessories, ban & Velg, body Repair, Salon & Cuci, serta specialist. Untuk menu Bengkel Motor Terdekat, fitur yang disuguhkan sama persis dengan menu sebelumnya, dimana aplikasi Obeng online akan mencari bengkel terdekat khusus kendaraan roda dua. Tidak ketinggalan, aplikasi ini juga menyuguhkan 10 Top Review bengkel dari setiap kategori.

Anda juga dapat mencari bengkel apa saja di kota yang akan Anda lalui berkat hadirnya fitur pencarian. Yang tidak kalah seru, Anda juga bisa mendaftarkan nama bengkel yang dimiliki melalui aplikasi ini tanpa dipungut biaya sepersen pun. Untuk melakukan pendaftaran pun sangat mudah, dimana Anda hanya akan diminta untuk mengisi formulir yang telah disediakan. Setelah divalidasi, maka bengkel Anda akan muncul di Obeng Online secara otomatis. Untuk saat ini, Obeng Online baru tersedia di perangkat berplatform Android saja.

KAI Access

Dapat berjalan dengan baik di perangkat berbasis Andoid, iOS, Windows Phone, dan BlackBerry, merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi besutan PT Kereta Api Indonesia ini. Dengan hadirnya aplikasi ini di perangkat bergerak, Anda kini tidak perlu repot-repot lagi harus datang ke stasiun hanya untuk membeli tiket. Cukup memesannya lewat KAI Access dan melakukan pembayaran melalui beberapa cara yang disediakan, maka tiket kereta api sudah bisa Anda dapatkan. 

Dengan kemampuan yang dimilikinya tersebut, aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang berencana mudik ke kampung halaman seperti sekarang ini. Selain desainnya yang simple serta mudah digunakan, KAI Access juga telah dilengkapi dengan beberapa fitur menarik. Sebelum menggunakan aplikasi ini, Anda akan diminta untuk melakukan pendaftaran dengan mengisi formulir yang disediakan. Setelah diisi semua, apalikasi akan memverikasi formulir tersebut ke alamat surat elektronik Anda.

Di halaman utama, Anda akan disuguhkan dengan fitur Hot Info yang berisi informasi singkat terhangat seperti promo hangat dari KAI, peningkatan layanan, perubahan jadwal, dan masih banyak lagi. Untuk mulai memesan tiket, Anda dapt langsung mengetuk menu Pesan Tiket. Dalam menu ini, Anda akan diminta mengisi nama kota dan stasiun awal serta tujuan, tanggal keberangkatan, kelas, dan usia.

Setelah selesai, Anda cukup menekan tombol Search yang ada di bawah layar untuk memulai proses pencarian. Dan secara otomatis, KAI Access akan langsung menyediakan informasi nama kereta, tanggal keberangkatan dan kedatangan, jumlah bangku yang tersedia, dari kelas mana, serta harga tiket. Silakan pilih jadwal kereta yang tersedia dengan menekan tombol next. Setelah itu, KAI Access akan memberikan kotak dialog, apakah Anda setuju dengan syarat dan ketentuan dari reservasi yang dilakukan atau tidak dengan cara memberi tanda centang di tempat yang sudah disediakan.

Jika setuju, KAI Access akan kembali memberi Anda informasi tambahan seputar biaya yang akan dikenakan, jadwal keberangkatan dan kedatangan, stasiun awal dan tujuan, serta jumlah tiket. Jika sudah, pilih menu cara pembayaran yang diinginkan, dan selesai. KAI Access juga menyediakan fitur Cek Booking, dengan cara memasukkan Booking Code atay payment Code. Yang tidak kalah seru, KAI Access juga menyematkan fitur peta Lokasi, yang berisi nama-nama stasiun besar dan kecil di seluruh Indonesia, lengkap dengan lokasi dan sejarah singkatnya. Tidak ketinggalan, Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berita-berita terhangat seputar KAI.

Toilocator – Toilets Near You

Ingin buang air kecil atau besar ketika berada di dalam perjalanan mudik memang sedikit merepotkan. Jika kebetulan sedang berada di dekat SPBU Bahan Bakar minyak, mungkin kondisi tersebut dapat segera teratasi. Namun akan lain ceritanya, jika Anda sedang jauh dari SPBU dan sedang berada di daerah yang belum pernah dikunjungi sama sekali, akan mengganggu sekali pastinya. Untuk itu, sebelum Anda melakukan perjalanan mudik, ada baiknya Anda mengunduh terlebih dahulu aplikasi yang satu ini, toilocator.

Aplikasi gratisan racikan LetsApp ini sendiri dapat berjalan dengan baik di perangkat berbasis Android dan iOS, serta sudah tersedia di berbagai Negara, termasuk Indonesia. Dengan aplikasi ini, Anda akan dengan cepat mengetahui lokasi toilet terdekat dari posisi Anda. Begitu masuk kedalam, secara cerdas aplkasi ini akan mendeteksi posisi Anda berdiri secara otomatis.

Tidak hanya itu, toilocator juga akan menyajikan beberapa toilet yang ada di sekitar Anda, lengkap dengan alamat serta jarak dari toilet tersebut. Untuk dapat sampai ke toilet tersebut dengan cepat, tersedia fitur direction yang terintegrasi dengan layanan Google Maps. Keren kan! Menariknya, Anda dapat turut berpartisipasi dengan menambahkan toilet-toilet yang pernah d kategori kunjungi. Sebelum Anda menambahkan daftar toilet, aplikasi ini akan meminta Anda untuk tidak memasukkan nama-nama resto, hotel, atau café, sebagai toilet, agar pengguna yang membutuhkan tidak bingung.

Toilocator menyarankan Anda untuk memasukkan toilet-toilet yang ada di toilet umum, mall, SPBU, stasiun commuter line, dan sebagainya. Anda juga harus memasukkan kategori toilet, apakah untuk umum, dikenakan biaya, atau toilet untuk penyandang kebutuhan khusus. Jika masih belum mengerti bagaimana cara menggunakannya, tersedia tutorial singkat yang mudah dipahami. Selain itu tersedia juga pengaturan satuan jarak yang akan digunakan, jarak terdekat toilet dengan Anda, dan sebagainya. Toilocator sendiri dapat berjalan dengan baik di perangkat berbasis Androd dan iOS.

Kesimpulan

Perjalanan jauh yang sedikit banyak membosankan akan terasa lebihh menyenangkan jika Anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Salah satu persiapan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunduh ketiga aplikasi yang Tim BX sajikan kali ini, Obeng Plus, KAI Access, dan Toilocator. Secara tampilan, Obeng Online tampil menarik dengan di dominasi warna hitam, serta tidak terlalu banyak pengaturan.

Tersedia ratusan atau bahkan mungkin ribuan bengkel-bengkel yang terdaftar secara resmi. Kategori yang disajikan juga tergolong lengkap, sehingga sangat memudahkan Anda dalam mencari bengkel. Selain itu, tersedia juga 10 Top Review yang bisa menjadi acuan sesame pengguna aplikasi ini. Sedangkan untuk KAI Access sendiri, tampil unggul dengan kemampuannya yang dapat berjalan di atas berbagai platform.  Tidak hanya itu, KAI Access juga dilengkapi dengan berbagai fitur menarik, seperti pemesanan tiket, Cek Booking, Peta Lokasi, berita, dan masih banyak lagi.

Sedangkan Toilocator sangat berguna untuk Anda yang tiba-tiba ingin buang air kecil atau besar, tapi tidak tahu dimana lokasi toilet terdekat. Yang tidak kalah keren, tersedia fitur direction dan sudah terintegrasi dengan Google Maps. Anda juga dapat menambahkan sendiri daftar toilet yang pernah didatangi, sehingga akan memperkaya daftar toilet yang ada. Bagi Anda yang belum mengerti bagaimana cara menggunakan aplikasi ini, tersedia fitur tutorial singkat. Bagaimana, menarik dan mudah digunakan bukan? [Teg/timBx]

Tags :

#
aplikasi mudik,
#
apps,
#
android aplikasi,
#
obeng online,
#
kai access,
#
toilocator – toilets near you,
#
toilocator