MENU
icon label
image label
blacklogo

2021, Ponsel Android Lawas Bakal Tidak Mendukung Jelajah Situs Aman?

NOV 13, 2020@12:00 WIB | 236 Views

Bagi pengguna smartphone Android lama, Anda mungkin harus menggantinya dengan versi yang lebih ditingkatkan atau yang terbaru. Ini diperlukan jika Anda masih mengunjungi sebagian besar web aman pada ponsel Android Anda. Hal ini terkait dengan kebijakan pembaruan Android yang telah diperbarui.

Menurut Android Police, Otoritas Sertifikat Let’s Encrypt memperingatkan bahwa ponsel yang menjalankan versi Android sebelum 7.1.1 Nougat tidak akan mempercayai sertifikat akarnya mulai tahun 2021, menguncinya dari banyak situs web aman. Organisasi akan menghentikan penandatanganan silang default untuk sertifikat yang mengaktifkan fungsi ini pada 11 Januari 2021, dan akan menghentikan sepenuhnya kemitraan penandatanganan silang pada 1 September tahun itu. Dengan kata lain, smartphone dengan OS Android sebelum 7.1.1 Nougat tidak akan mendukung banyak situs web aman sebelum September 2021.

Solusi parsial yang tersedia yakni dengan memasang Firefox (Mozilla adalah mitra di Let’s Encrypt) dan menggunakan penyimpanan sertifikatnya sendiri, tetapi itu tidak akan membantu dengan klien saingan atau fungsionalitas di luar peramban.

Sangat umum bagi pengembang untuk melepaskan dukungan untuk sistem operasi lama. Namun, ini bisa menjadi masalah mengingat kebijakan pembaruan Android. Let's Encrypt mencatat bahwa sekitar 33,8 persen pengguna Android di Google Play menjalankan versi yang lebih lama dari 7.1, dan beberapa vendor perangkat keras menghentikan dukungan lebih awal. Tidak jarang vendor Android menawarkan pembaruan yang relatif sedikit di tahun-tahun sebelumnya, dan beberapa perangkat (biasanya ponsel hemat) bahkan akan terjebak dengan OS pengiriman mereka. Anda mungkin telah membeli ponsel pada tahun 2016 atau bahkan 2017 yang dapat tiba-tiba kehilangan akses ke beberapa situs web, setidaknya tanpa solusi.

Situasi itu mungkin terlihat membaik begitu mengetahui Samsung dan pembuat Android lainnya berkomitmen untuk tiga tahun pembaruan OS. Namun sayangnya, hal itu tidak akan mengubah kenyataan bagi banyak orang dengan perangkat keras lama, dan mungkin hanya ada sedikit cara lain jika Anda tidak dapat atau tidak ingin menggunakan aplikasi Firefox. Menjadi tidak konsisten. Ya, meskipun banyak situs lain akan tetap berfungsi, dukungan yang tidak konsisten ini dimungkinkan dapat menjadi gangguan paling buruk. Dan ini tentunya bakal menjadi masalah besar bagi pengguna smartphone lama yang menyukai kegiatan browsing di setiap kesempatannya. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
android,
#
ponsel android,
#
jelajah situs,
#
teknologi inovatif