MENU
icon label
image label
blacklogo

Menikmati Kuliner di Dasar Laut

APR 08, 2019@10:32 WIB | 66 Views

Sekarang Anda akan memiliki alasan bagus lain untuk mengunjungi Norwegia, yaitu makan malam di lima meter di bawah permukaan laut. Under di Lindesnes adalah restoran bawah laut pertama dan terbesar di Eropa.

"Kami akan menarik wisatawan dari seluruh dunia. Itu adalah tujuan kami," kata Gaute Ubostad, salah satu pendiri proyek restoran yang sangat istimewa ini.

Restoran bawah laut Under akan secara definitif menempatkan selatan Norwegia di peta destinasi kuliner, baik di Norwegia maupun di seluruh dunia. Tentunya mungkin akan ada persaingan ketat untuk mendapatkan tempat duduk di restoran ini.

"Kami bertujuan untuk menjadi ujung tombak agar sukses di pasar internasional. Saya percaya itu akan menjadi daya tarik yang membuat lebih banyak orang menganggapnya menarik untuk datang ke Norwegia dan menggabungkan kunjungan ke sini dengan hal-hal lain," kata Ubostad.

Restoran Under dibangun di perairan Spangereid, Kotamadya Lindesnes, ujung selatan Norwegia. Restoran bawah laut sekaligus objek wisata itu telah dibuka untuk umum sejak bulan Maret kemarin. Under saat ini tercatat menjadi restoran bawah laut terbesar di dunia dengan kapasitas tempat duduk untuk 100 tamu. Keajaiban di Lindesnes ini juga merupakan restoran bawah laut pertama di Eropa.

Bangunannya sendiri bisa dikatakan sebuah mahakarya dalam arsitektur. Setengah tenggelam ke laut, bentuknya monolitik sepanjang 34 meter mulai dari permukaan air hingga 5 meter ke dasar laut. Struktur Under dirancang untuk sepenuhnya terintegrasi ke dalam lingkungan laut seiring waktu, karena kekasaran cangkang beton akan berfungsi sebagai terumbu buatan menyambut limpet dan rumput laut untuk menghuninya.

Ketika Anda melangkah ke restoran, perjalanan bawah laut unik Anda dimulai. Di sini Anda bisa turun hingga kedalaman lima meter tanpa pakaian selam. Hanya berjalan menuruni tangga. Di mezzanine ada sebuah bar dengan area bersantai di mana para tamu dapat duduk sebelum dan sesudah makan.

Di bawah restoran, gagasan tentang pemandangan laut memiliki arti yang sama sekali baru. Di sana, dinding kaca besar akan memberi Anda wawasan unik tentang kehidupan ramai bawah laut (Skagerrak) di luar.

Anda akan menyaksikan semua jenis ikan berenang, tergantung pada waktu tahun. Spesies ikan normal di daerah ini adalah pollack dan cod, wrasses, bulu babi, kepiting, lobster, dogfish (seperti hiu mini), dan rumput serta ganggang laut yang khas. Jika beruntung Anda juga dapat melihat ‘pertunjukan’ langsung dari gemuruh lautan badai ketika alam bergolak.

Anjing laut terkadang juga menampakan diri di luar jendela. Tetapi mereka justru diharapkan tidak terlalu sering muncul karena membuat ikan lain takut.

Tentu saja, pengalaman restoran bukan hanya tentang ikan yang berenang di luar. Ikan dan makanan laut yang disajikan di piring Anda adalah bahan yang sangat penting. Sudah pasti akan ada pilihan makanan laut yang sangat baik di Under. Tetapi Anda juga memiliki pilihan untuk mencicipi burung laut dan domba liar yang hidup di kepulauan di dekatnya.

Untuk sebuah full course gourmet (18 macam hidangan) dengan dasar bahan-bahan lokal dan makanan laut, Anda harus merogoh kocek sekitar 430 dolar (sekiar 60 juta) per orang termasuk minuman. Sebuah harga yang pantas mengingat selain hidangan lezat, Under juga menawarkan keunikan suasana dalam menikmati kuliner yang tidak bisa Anda temui dengan mudah di bagian dunia lain.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
restoran under,
#
norwegia,
#
destinasi kuliner,
#
eropa