MENU
icon label
image label
blacklogo

Cari Udara Segar di Pedesaan? ke Gunung Parang Aja

JUN 28, 2019@12:45 WIB | 115 Views

Bagi Blackpals yang punya waktu sedikit tapi butuh berlibur cobalah main ke Purwakarta yang jaraknya sekitar 3 jam saja dari Jakarta.

Siapa sangka di kota setenang Purwakarta terdapat satu daerah yang disukai para pecinta alam. Daerah itu adalah Gunung Parang yang terletak di Kampung Cihuni atau Kampung Cirangkong di Desa Pesanggrahan yang dikelilingi desa-desa yang kehijauan dengan tanaman-tanaman padi yang terhampar luas.

Sebelum memutuskan trekking kalian bisa berkeliling di kawasan gunung ini menghirup sedalam-dalamnya udara segar yang belimpah. Jika sudah puas, bisa mulai melakukan trekking atau mencobanya via feratta.

Via Ferrata adalah sebutan bagi aktivitas mendaki gunung dengan menggunakan 'tangga besi' yang sudah tertancap di bukit. Dengan menggunakan tali pengaman, traveler bisa meniti tangga ini hingga mencapai ke puncaknya.

Via Ferrata Gunung Parang diklaim sebagai jalur Via Ferrata yang terpanjang di Asia. Jalurnya sampai sepanjang 900 meter ke atas. Sementara pesaingnya, yaitu di Gunung Kinabalu, Malaysia hanya sekitar 700 meter saja. Via ferrata di Gunung Parang ditangani oleh dua operator, yakni Badega Gunung Parang dan Skywalker.

Sementara untuk mencoba trekking datanglah ke balai Desa Pesanggrahan. Di sini traveler dapat melakukan registrasi sebesar Rp 10.000/orang untuk pendakian di Gunung Parang. Dianjurkan untuk memakai guide bagi pendaki yang belum berpengalaman karena jalurnya sangat liar dan terjal.

Nah baik dari trekking ataupun vua ferrata akan kelihatan Gunung Bongkok, Gunung Lembu, dan Waduk Jatiluhur tampak jelas dari ketinggian tersebut. Untuk waktu terbaik, kedua aktivitas itu bisa dilakukan saat musim kemarau.

Makanya jangan lupa  oleskan sunblock ke seluruh bagian tubuh yang terpapar sinar matahari. Ini mencegah kulit kalian terbakar terutama saat mendaki pada siang hari. Topi dan kacamata hitam juga berguna untuk menghalau sinar matahari. Gunakan juga sarung tangan, karena terkadang besi via ferrata bisa sangat panas karena terpapar sinar matahari. Jadi yuk segera liburan ke Purwakarta.

Tags :

#
black spot,
#
spot wisata,
#
gunung parang,
#
purwakarta,
#
via ferrata