MENU
icon label
image label
blacklogo

Bersantai di Kolam Para Dewata

APR 13, 2019@14:10 WIB | 70 Views

Seiring popularitasnya yang makin mendunia, makin banyak wisatawan yang tahu betapa indahnya alam tropis Pantai Ora di Pulau Seram, Maluku. Tapi pasti belum banyak yang tahu kalau di pulau yang sama ada satu lagi pantai indah nan eksotis yang belum terekspos, yang bisa menyaingi bahkan mengalahkan pamor Raja Ampat. Tempat indah yang digadang-gadang memiliki perairan paling jernih di Indonesia.

Lokasi wisata yang dimaksud adalah Teluk Saleman, sebuah tempat indah bagai surga tersembunyi di Pulau Seram. Teluk ini bisa dijangkau dengan menumpang perahu dari Ambon, tepatnya melalui Pelabuhan Tulehu.

Secara administratif Teluk Saleman berada di Kecamatan Seram Utara Barat, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Untuk sampai ke tempat ini tidak bisa dibilang like a walk in the park. Hal ini dikarenakan akses transportasi yang belum memadai. Perjalanan dimulai dari Kota Ambon. Dari Pelabuhan Tulehu Ambon, kita menyeberang ke Masohi dengan speedboat selama sekitar 2 jam. Setelah sampai di Masohi, perjalanan dilanjutkan menuju Desa Sawai sekitar 3 sampai 4 jam dengan menggunakan angkutan pedesaan. Selain angkutan pedesaan, kita juga bisa menyewa mobil.

Dari desa inilah kita mulai bisa menikmati kontur alam Teluk Saleman yang begitu memesona. Teluk tersebut dikelilingi bukit karst yang menjulang megah, mirip yang ada di Raja Ampat. Tebing-tebing tersebut tingginya mencapai 400 meter, diselimuti rimbunnya hutan hujan tropis.

Lalu bagaimana dengan lautnya? Sesampainya di Teluk Saleman, Anda akan langsung dimanjakan pemandangan yang sanggup membuat nafas terhenti dalam pukau. Air lautnya yang sangat jernih bagai kristal, taman lautnya sehat, terumbu karang yang masih terjaga dan alami bisa dilihat jelas dari atas permukaan air. Sungguh sukar dibantah jika Teluk Saleman diklaim sebagai laut terjernih di Indonesia. Kombinasi pemandangannya seakan membawa Anda ke kolam para dewata.

Hal lain yang menambah eksotisme Teluk Saleman adalah rumah-rumah penduduk lokal yang unik. Dibuat dari kayu, rumah-rumah warga didirikan di atas air yang jernih. Dari teras rumah-rumah ini, blackpals bisa sekadar duduk sambil menikmati pesona keindahan terumbu karang beraneka bentuk, termasuk ikan dan hewan laut yang menghuninya.

Tidak hanya pantai dan keunikan rumah penduduk, di Teluk Saleman juga terdapat Tebing Batu. Tempat ini merupakan salah satu tempat favorit di perairan Teluk Saleman. Tebing berbatu ini menjulang tinggi langsung berhadapan dengan perairan (tanpa pantai). Dari lokasi ini, ketika matahari mulai meninggi, kita bisa melihat pantulan terumbu karang yang sangat indah.

[Ard/tim BX]

Tags :

#
teluk saleman,
#
maluku,
#
pantai ora