MENU
icon label
image label
blacklogo

Aceh Rasa Eropa Ada di Kuta Malaka

APR 23, 2019@11:13 WIB | 792 Views

Mungkin di antara Blackpals ada yang beranggapan bahwa pemandangan padang sabana yang hijau dan menyegarkan cuma ada di Eropa saja. Tapi siapa sangka, panorama seperti itu bisa dilihat di Provinsi paling barat Indonesia. Apalagi kalau bukan Aceh.

Terletak sekitar 30 km dari Kota Banda Aceh, padang sabana dengan pegunungan yang menyejukkan mata ada di Kuta Malaka, tepatnya di kawasan Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar

Sebenarnya kawasan ini adalah destinasi air terjun yang tersempil di gugusan Bukit Barisan. Namun air terjunnya kalah mengesankan dari jajaran bukit hijau yang berada di sekitarnya.

Sebabnya tak lain karena air terjunnya kecil dan banyak coretan meski debit airnya masih bersih dan segar. Hal ini tentunya kontras dengan indahnya perbukitan yang bisa dinikmati sepanjang jalan menuju air terjun.

Untuk masuk ke air terjun dikenakan biaya retribusi sekitar Rp 5000 saja, namun patut diingat di wilayah ini belum disediakan tempat berisitirahat dan toilet yang memadai, jadi lebih baik atur perbekalan terlebih dahulu.

Apalagi jalanan menuju air terjun sungguh terjal dengan anak-anak tangga kecil-kecil dan terbuat dari bebatuan sehingga harus perhatikan langkah demi langkah. Baik turun ataupun naik juga lumayan menguras tenaga.

Destinasi ini juga cenderung masih sepi. Jangan bayangkan juga jalan beraspal karena yang ada jalan berupa tanah dan kerikil yang jika musim kemarau debu tebalnya berterbangan kemana-mana. Apalagi dengan kontur jalan yang naik turun tajam berliku membuat traveler wajib menggunakan mobil bermesin prima. Salah-salah mobil bisa slip dan terperosok.

Namun, semua perjuangan seakan tak ada nilainya dibandingkan demi melihat deretan pegunungan cantik. Makanya sebelum menuju air terjun lebih baik turun dari mobilmu dan berjalan menuju perbukitan dengan sedikit tracking. Tenang, trekkingnya gak terlalu ekstrem jalan santai saja dan nikmati segala keindahan pemberian dari tuhan ini. Sayang beberapa pengunjung masih suka membuang sampah sembarangan sehingga membuat semak ilalang yang menghiasi tempat ini kotor dan memprihatinkan.

Kendati demikian, jika sudah di sini, Blackpals bisa pamer kalau sudah ke Eropa-nya Indonesia. Ayo datang ke Aceh dan selamat menikmati panorama Kuta Malaka!

Tags :

#
aceh,
#
padang sabana,
#
spot wisata,
#
kuta malaka