MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Memilih Knalpot Motor Modifikasi Vintage Style

MAY 23, 2015@12:00 WIB | 20,851 Views

Tren modifikasi motor vintage style seperti cafe racer, chopper, tracker, dan lainnya, memang masih terasa hip-ya hingga tahun ini. Selain bentuknya yang unik-unik, bengkel custom vintage style pun semakin menjamur. Maka tak heran, motor-motor modifikasi vintage style kini dengan mudah dapat ditemui di jalanan Ibukota.

Sayangnya nih autolovers, banyak bengkel yang hanya fokus pada tampilan akhir saja. Ada satu perangkat yang umumnya dibikin paling akhir tetapi jika dilihat dari perannya, justru tergolong penting dan merupakan pendukung performa. Komponen yang dimaksud yakni knalpot.

Sebenarnya menurut Stanlee, pemilik bengkel knalpot Stanlee di kawasan Arteri Jalan Panjang Pos Pengumben No.14, Jakarta Barat, knalpot komponen penting yang wajib diperhatikan, dalam pembuatannya knalpot harus diperhitungkan antara fungsi yang sebenarnya disamping melengkapi tampilan. Jika berbicara soal model, Stanlee mengakui kalau model "terompet" masih digandrungi hingga saat ini. Pasalnya, model "terompet" sangat sesuai dengan style motor bergaya klasik.

"Sampai saat ini memang masih belum ada aturan yang baku mengenai model-model knalpot motor-motor modifikasi bergaya klasik atau vintage style. Gue sendiri pun harus melihat final motor baru bisa didesain bentuk dan ukurannya yang sesuai dengan bodi dan rangka motornya. Tetapi dibalik itu ada hal penting yang wajib diperhatikan yakni soal perhitungan knalpot itu sendiri, karena berpengaruh pada performa yang dihasilkan", ujar Stanlee.

Lebih lanjut Stanlee menambahkan pembuatan knalpot ada hitungannya. Misalnya untuk motor Yamaha Scorpio atau Honda Tiger yang sudah dimodifikasi bergaya cafe racer atau tracker, namun belum di bore up mesin. Stanlee biasanya menggunakan hitungan pada leher yakni 32 milimeter, sementara header tengah 32-43 milimeter. Pembeda adalah pada bagian dalam atau biasa disebut "sarangan", untuk Yamaha Scorpio bisanya 36 sedangkan Honda Tiger 33. Bagian sarangan penting karena berpengaruh terhadap feedbalik power dari mesin. Faktor lain yang perlu diperhitungkan yakni soal pemakaian gir rantai.

Soal mesin bore up Stanlee tidak dapat memberikan gambaran pasti. Motor harus dibawa ke bengkel dan diuji coba dulu olehnya, setelah itu barulah ia dapat memprediksi perhitungan angka yang pas untuk knalpotnya. [nus/timBX]

Tags :

#
Tips Memilih Knalpot Motor Vintage Style
#
Knalpot
#
Vintage Style
#
Cafe Racer
#
Tracker
#
Chopper