MENU
icon label
image label
blacklogo

Motobatt, Aki Motor Tahan Banting

DEC 15, 2014@10:00 WIB | 61,579 Views

Memilih accu atau aki yang bisa tahan lama dan minim perawatan, pilihannya biasa jatuh pada jenis aki kering. Namun ternyata selama ini ada jenis aki kering yang memiliki beberapa kelebihan lain tidak sekedar minim perawatan.

Motobatt, demikian nama aki tersebut. Sudah hadir di Indonesia sejak 5 tahun lalu, Motobatt merupakan jenis aki kering namun didalamnya diisi dengan gel."Jenisnya aki kering, tapi isinya gel," beber Abner P,  dari Motobatt.

Lebih lanjut ia menjelaskan, penggunaan gel bukan cairan ini membuat daya hantar listrik lebih baik dan mampi menambah daya tahan aki itu sendiri. "Tidka perlu takut rusak walau di goyang atau terbalik, aki juga bisa tahan lama masa pakainya," kata dia.

Selain daya tahan yang lebih lama, Motobatt juga memiliki daya ampere lebih besar. Efeknya jelas, kelistrikan pada motor bisa lebih baik. "Starter jadi mudah, kelistrikannya stabil, dan lampu-lampu juga gak redup," lanjut Abner.

Selain itu gel bisa membuat daya ampere pada aki tidka mudah drop meski mesin motor tidak dihidupkan setiap hari. "Mislanya motor tidak di pakai lama sampai 2 bulan pun ampere akinya akan turun sedikit saja dan motor masih bisa starter, jadi tak perlu tiap hari menyalahkan mesin hanya untuk supaya aki tidak drop," papar Abner.

Motobatt juga punya desain yang unik, aki ini dilengkapi spacer pada bagian bawahnya sehingga universal dipakai untuk motor jenis apapun. Selain itu tersedia pula model yang menggunakan empat terminal. Cocok untuk motor-motor yang sudah dimodifikasi dengan tambahan perangkat kelistrikan lain.

Aki khusus motor dengan kapasitas ampere mulai dari 5 hingga 33 ampere. Motor yang bisa memakai aki jenis ini pun beragam mulai dari Aprilia, BMW, Benelli, Ducati, Honda, Harley-Davidson, Suzuki, Yamaha dan sebagainya.

Lantas bagaimana soal harga? Motobatt 5 ampere ditawarkan dnegan harga Rp 195 ribu, untuk yang 32 ampere Rp 2,3 juta, dan yang 33 ampere Rp 2,7 juta. Harga segitu dipatok jika membeli langsung dari distributor Motobatt. Abner menyatakan kalau membeli ke bengkel-bengkel pasti harganya sudah berbeda.[Pra/timBX]