MENU
icon label
image label
blacklogo

11 Langkah Amankan Smartphone yang Terjatuh ke Air

JAN 27, 2015@18:00 WIB | 11,622 Views

Smartphone terjatuh ke air mungkin hal yang paling tidak diinginkan. Akan tetapi hal tersebut bisa saja terjadi sewaktu-waktu pada kita semua. Orang-orang cenderung panik saat hal ini terjadi. Tenang dan ikuti 11 langkah berikut ini untuk mengamankan smartphone yang terjatuh ke dalam air.

1. Matikan smartphone anda jika ia belum mati saat anda angkat dari dalam air. Tetap jaga posisinya dalam keadaan tegak lurus agar airnya turun.

2. Buka Cover maupun pelindung yang melekat di smartphone anda. Buka memori microSD serta SIM card dari slot smartphone anda.

3. Buka baterai smartphone anda apabila baterai bisa dibuka secara terpisah dengan bodi. Jika desain baterai unibodi atau tidak bisa dilepas, jangan lakukan langkah ini.

4. Keringkan smartphone anda dengan kain maupun tisu kering untuk mengeringkannya. Pastikan saat anda menyalakan smartphone anda, tidak ada cairan yang tersisa di sekitar smartphone maupun bagian dalam cangkang baterainya.

5. Apabila smartphone terendam ke dalam air dengan cukup fatal, anda bisa menggunakan vacuum secara hati-hati untuk menyedot cairan di lokasi-lokasi yang sulit dijangkau.

6. Apabila anda takut menggunakan vacuum, anda bisa mengubur smartphone maupun tablet ke dalam beras. Kedengarannya aneh tapi perlu anda ketahui, beras dikenal sangat baik dalam menyerap cairan dan bisa menjadi media praktis untuk mengeringkan  smartphone maupun tablet.

7. Jika anda ingin mengeringkan smartphone dengan cara yang benar, belilah kantong pengering telepon yang biasanya dijual di banyak toko elektronik dan department store.

8. Gunakan telepon lain selama beberapa hari, bisa saja anda meminjam telpon keluarga yang tidak terpakai. Sementara itu biarkan smartphone anda benar-benar kering dalam tempo waktu sehari atau dua hari.

9. Setelah sehari dua hari, anda bisa memasang baterai smartphone anda lagi dan menghidupkan smartphone anda seperti biasanya. Di sini, anda sebaiknya memperhatikan apakah semuanya berjalan secara normal seperti seharusnya. Cobalah putar file musik untuk menguji speaker dan uji respon layar sentuh anda.

10. Jika smartphone anda tidak menyala sama sekali, cobalah untuk mengisi ulang baterainya. Jika tidak berhasil, kemungkinan baterainya masih rusak. Anda mungkin harus menggantinya atau mengeringkannya lebih lama lagi. Skenario terburuk, bukan baterai anda yang rusak namun unit smartphone anda. Untuk itu anda sebaiknya menghubungi pihak layanan service profesional.

11. Jika smartphone anda menyala dengan normal seperti biasanya, anda harus terus mengawasinya selama beberapa hari ke depan untuk melihat  apakah ada hal yang tidak beres dikemudian hari.[Lalu/timBX]

Tags :

#
11 Langkah Amankan Smartphone yang Terjatuh ke Air

RELATED ARTICLE