MENU
icon label
image label
blacklogo

Yuk, Lihat Kehebatan Printer 3D di Indocomtech

OCT 30, 2014@14:00 WIB | 1,281 Views

Printer 3D adalah teknologi yang masih terbilang anyar, terutama untuk peminat di Indonesia. Meski punya fitur yang terbilang sangat menarik dan usefull, produk ini masih tergolong mewah dan masih sangat jarang untuk bisa dijumpai. Di pameran Indocomtech 2014 kali ini ada sebuah booth yang memamerkan kecanggihan teknologi printer 3D.

"Kelebihannya, yakni salah satunya yaitu produk ramah lingkungan, detilnya hingga 90 persen," kata dari Rengky selaku 3D Advisor PT Perdana Occitek yang memamerkan produk printer 3D dari brand asal Amerika, Makerbot.

Untuk membuat cetak 3D dibutuhkan bahan filamen sebagai adonan cetak. Filamen ini berbentuk serupa gulungan plastik berwarna-warni, saat dicetak bisa dibentuk sesuai model 3D yang telah di input. Format pola 3D yang ingin dicetak bisa berupa dokumen 3D maker, Autocad dan lain-lain.

Dibooth MakerBot ini dipamerkan tiga mesin canggih ini, yakni MakerBot Replicator, MakerBot Replicator 2X, dan MakerBot Mini. Masing-masing mesin cetak memiliki perbedaan dari ukuran cetak yang dapat dihasilkan. Untuk MakerBot Replicator dapat mencetak benda dengan ukuran diamter, 28cm, panjang 15 cm, dan lebar 15 cm. Model printer ini hanya memiliki satu jarum yang hanya dapat mencetak satu warna.

MakerBot Replicator 2x memiliki dua jarum, sehingga bisa mencetak bentuk dengan dua warna dengan ukuran diameter 24 cm, panjang 15 cm, dan lebar 15cm. Dan yang terakhir adalah Replicator Mini, yang hanya bisa mencetak bentuk dengan ukuran tinggi 10cm dan diamter 10cm.

Lama waktu proses mencetak tergantung dengan pola detail dari bentuk yang diinginkan. Semakin banyak detail pada bentuk cetak, maka semakin lama pula proses pencetakan. Harga dari mesin-mesin cetak ini bervariasi mulai dari 2.500 USD hingga 4.500 USD. Khusus di ajang Indocomtech MarkerBot bersama PT Perdana Occitek menawarkan potongan harga sebesar 500 USD. "MakerBot Replicator US$4.000, MakerBot Replicator US$5.000, dan MakerBot Replicator US$2.000," ungkap Rengky.[iam/timBX]

Tags :

#
Printer 3D
#
Indocomtech 2014
#
Indocomtech
#
PT Perdana Occite
#
Printer 3D Makerbot
#
MakerBot Replicator
#
MakerBot Replicator 2X
#
MakerBot Mini