MENU
icon label
image label
blacklogo

YouTube Kini Gunakan HTML5, Lepaskan Adobe Flash Player

JAN 28, 2015@20:30 WIB | 662 Views

YouTube baru saja mengungkap bahwa pihaknya telah berganti menggunakan HTML5 video secara default. Perusahaan ini telah melakukan ini untuk beberapa browser termasuk Chrome dan Safari, kini mulai merambah Internet Explorer 11 dan versi beta terbaru dari Firefox.

Youtube awalnya bergantung pada Adobe Flash untuk mendukung seluruh fiturnya dan tidak bergantung pada browser. Namun sayangnya Flash dinilai sangat memakan memori dan sedikit rumit karena harus menginstal plug in pada browser tertentu jika ingin berjalan mulus.

Sesungguhnya video HTML5 sudah diperkenalkan beberapa tahun ke belakang namun versi awalnya tidak menyuguhkan performa yang maksimal dan masih kurang fitur. Kini HTML5 video sudah berkembang pesat sehingga pengguna pun tidak dapat membedakannya.

Browser versi lama tetap akan menggunakan Flash player sebab mereka belum mendukung standar HTML5 terbaru. Anda dapat mengetahui pemutar apa yang Anda gunakan untuk memutar YouTube dengan meng-klik-kanan video YouTube yang diputar. [leo/timBX]

Tags :

#
Youtube
#
HTML5