MENU
icon label
image label
blacklogo

Microsoft siapkan perangkat Wearable untuk Tunanetra

JUL 15, 2014@13:30 WIB | 506 Views

Ketika semua perusahaan teknologi telah berfokus untuk mengembangkan semua perangkat untuk pengguna normal, amat sedikit yang mengembangkan perangat untuk penyandang cacat. Yang pernah terlihat mngkin salah satunya ponsel dengan huruf braile yang bisa digunakan oleh penyandang tunanetra. Kabar baiknya, kini Microsoft menjanjikan akan membuat produk wearable gadget bagi para pengguna yang menderita tunanetra.

Seperti yang dikabarkan oleh Sunday times, Microsoft telah melakukan uji coba perangkat wearablenya tersebut pada delapan orang penyandang tunanetra. Sementara Microsoft tidak memberi rincian mengenai perangkat khusus apa yang digunakan pengguna tersebut, namun cara kerjanya adalah perangkat wearable tersebut mengidentifikasi objek yang ada disekitarnya kemudian memberi feedback informasi berupa suara.

Dengan demikian perangkat ini bisa memungkinkan pengguna tunanetra untuk "melihat" apa yang ada disekitar mereka setidaknya dalam bentuk penggambaran. Mereka bisa lebih banyak bergerak dengan navigasi suara yang diberikan oleh perangkat tersebut. Dalam proyek ini microsoft bekerja sama dengan Guide Dogs dan Future Cities Catapult. Konsep yang dibuat Microsoft bersama dua perusahaan tersebut telah ditampilkan dalam video singkat ditahun 2012 lalu.

Perangkat ini mungkin tidak dijadikan pesaing untuk beberapa perangkat wearable canggih seperti Google Glass, namun Microsoft hanya berusaha memberikan teknologi untuk semua kalangan, khususnya bagi para penyandang cacat tunanetra. “We look forward to sharing more details of the project later this year,” ungkap Microsoft.[iam/timBX]

Tags :

#
Microsoft
#
Guide Dogs
#
Future Cities Catapult
#
Google Glass