MENU
icon label
image label
blacklogo

Hati-Hati, Google dan Smartphone Buat Anda Jadi Pelupa

JUL 06, 2015@11:40 WIB | 5,909 Views

Internet dan smartphone memang tidak dipungkiri mampu memberikan informasi tak terbatas bagi umat manusia. Sayangnya ini menumbulkan efek samping yang tidak kita sadari. Kasperky menuding Google dan smartphone menjadi penyebab Anda mengalami gangguan ingatan yang disebut 'digital amnesia'.

Belakangan ini, ketergantungan kita terhadap perangkat digital pun menjadi lumrah. Banyak data seperti nomor telepon, alamat, jadwal meeting, pekerjaan, akun, password dan PIN disetor ke perangkat-perangkat smartphone maupun di back up di akun Google milik kita.

Perilaku inilah yang disebut ilmuan sebagai, cara menyimpan ingatan secara eksternal. Hal ini mendorong ingatan manusia untuk menghapusnya dari memori dalam otak. Tidak heran jika orang-orang kini mulai jarang menghapal nomor-nomor penting, seperti misalnya nomor orang tua, anak, maupun nomor kantor.

Hasil penelitian yang dilakukan Kaspersky menyebutkan jika, 91% orang Amerika yang telah disurvey, mengakui ketergantungan mereka pada internet dan perangkat digital sebagai alat untuk mengingat sekaligus perpanjangan otak mereka.

Hampir sama dengan orang-orang Amerika, 79,5% orang-orang Eropa yang mengikuti survey mengenai digital amnesia ini juga mengaku sangat tergantung dengan internet. Lebih-lebih lagi mereka menggunakannya sebagai layaknya buku referensi yang bersifat universal.[Lalu/timBX]

Tags :

#
Google
#
Smartphone
#
Kasperky