MENU
icon label
image label
blacklogo

Rihanna dan Bruno Mars Jadi Artis yang Paling Banyak Dibajak di Tahun 2013

JAN 03, 2014@09:30 WIB | 179 Views

Meskipun tahun 2013 menjadi tahun sukses untuk beberapa nama artis, namun tak sedikit pula kerugian yang mereka dapat akibat tindak pembajakan yang dilakukan oleh para pembajak yang bertebaran di dunia maya. Lagu-lagu mereka akhirnya dapat diunduh secara gratis melalui link-link download yang disediakan para pembajak. Dan tahun ini artis yang karyanya paling banyak diunduh secara ilegal adalah Rihanna dan Bruno Mars.

Keduanya mendapat kerugian hingga sekitar 5 juta kali di-download secara ilegal. Bukan cuma dua nama tersebut, tiga nama lain yaitu Daft Punk, Justin Timberlake, dan Flo-Rida masuk ke dalam daftar Top Five paling sering di-download secara ilegal. Masih ada lagi nama lain yang bersinar di tahun ini yang juga menjadi korban pembajakan terbanyak seperti  Kanye West, Eminem, Jay Z, Drake dan Pitbull.

Survei ini dilakukan oleh Musicmetric yang menganalisa pembajakan tersebut. Perusahaan yang sebenarnya juga berkaitan dengan Bit Torrent, file sharing terbesar dimana para pembajak dan pengunduh secara illegal tersebut mengatakan bahwa tujuan utama dari file sharing hanya membantu para artis untuk lebih dikenal oleh para penggemarnya. Meskipun mereka juga tidak membenarkan download secara ilegal.

Gregory Mead, eksekutif Musicmetric mengatakan bahwa ini menjadi cara promosi bagi para artis karena di era digital seperti ini sangat sulit untuk terhindar dari pembajakan. Sementara para artis bisa lebih memanfaatkan pembajakan untuk media promosi dalam pertunjukan konser yang saat ini lebih diutamakan sebagai sumber pemasukan.

"Di masa lalu, orang-orang pergi ke toko rekaman untuk membeli rekaman lagu untuk mencoba album sebelum mereka membelinya. Masa kini, mereka mengunduh atau 'streaming' lagu dan kemudian membeli 'download' berbayar atau membeli tiket konser," ujar Mead.

Selain itu, Musicmetric juga menganalisa kepopuleran artis di social media. Tahun ini Taylor Swift menjadi pemenang di media sosial, dengan meraih 29,5 juta follower baru di Twitter, Facebook dan social media lainnya. Angka ini diikuti oleh Katy Perry yang meraih 29,2 juta fans baru, dan Justin Timberlake, dengan 28,8 juta.[iam/timBX]

Tags :

#
Pembajakan Lagu
#
Download
#
Musicmetric
#
Rihanna
#
Bruno Mars
#
Daft Punk
#
Justin Timberlake
#
Flo-Rida

RELATED ARTICLE