MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Drive New Peugeot 3008 - Nyaman Buat Keluarga

OCT 23, 2015@12:33 WIB | 18,621 Views

Ada yang unik dari kehadiran New Peugeot 3008, kalau jika model baru umumnya punya harga yang lebih mahal dibanding produk sebelumnya, maka New Peugeot 3008 malah lebih murah dari 3008 sebelumnya.

Penyebabnya ternyata PT Astra International - Peugeot tidak benar-benar menghilangkan 3008 versi lawas. Kehadiran New Peugeot 3008 ini sebaliknya, malah menjadi varian baru dari keluarga 3008 di Indonesia. Konsumen diberi pilihan mau 3008 full spec tapi dengan tampilan lawas atau paras modern dengan harga lebih murah. Konsekuensinya, harga lebih murah menyentuh Rp 68,2 juta itu memangkas beberapa fitur yang sebelumnya ada.

Bicara penampilan, jelas sebagai produk facelift New Peugeot 3008 datang dengan sejumlah pembaharuan dibanding model terdahulu. Pada bagian front facia ada perbedaan grill, lampu utama dengan tambahan Daytime Running Lights, serta logo Singa yang kini tak lagi dikelilingi ornamen chrome.

Perbedaan selanjutnya ada pada desain velg dengan diameter tetap 17 inci, tail light dengan teknologi LED, emblem Peugeot dan Singa yang kini ada di bagian tengah pintu bagasi belakang, serta bumper belakang dengan kombinasi silver yang menegaskan New Peugeot 3008 sebagai crossover sejati.

Di dalam, layout dashboard tetap serupa, tapi kain pembungkus jok kini pakai motif baru yang lebih dinamis. Keberadaan headup display dihilangkan, pun demikian dengan panoramic roof. Ini berimbas pada konsol tengah yang terhubung dengan dashboard seakan "kosong" dari tombol-tombol seperti yang sebelumnya ada di model 3008 dulu.

Lantas apakah ini berarti menghilangkan kenikmatan dari New Peugeot 3008? Ternyata tidak. Mesin yang digunakan tetap 1.6-liter EP6CDTM dengan suntikan teknologi turbo. Dengan demikian pasokan tenaganya tetap ada di 163 hp pada 6.000 rpm dengan torsi 240 Nm sejak putaran 1.400 rpm. Suplai tenaganya memang tidak terlalu istimewa, tapi dengan kaca depan landai membuat pengendaraan nyaman meski dalam jangka waktu lama.

Gearbox 6-speed tiptronic memang masih konvensional tetapi perpindahan giginya dipertahankan untuk tetap halus. Dengan demikian kenyamanan berkendara masih layak untuk diacungi jempol. Desisan angin dan pergesekan ban dengan aspal sama sekali tidak masuk ke ruang kabin berkat kekedapan interior yang luar biasa baik.

Sebagai crossover, sejatinya 3008 merupakan kombinasi sifat SUV dan MPV. Ini terlihat dari ground clearance yang terbilang tinggi. Meski demikian kami begitu terbuai dengan halusnya sistem suspensi yang diberikan New Peugeot 3008. Kami seperti berjalan di ruang kabin sebuah sedan mewah.

Sementara sifat MPV ditunjukkan oleh Peugeot lewat ruang penumpang belakang yang cukup lega untuk orang dewasa. Selain itu skema bagasi dibuat dua tingkat serta dengan split rear tailgate yang dapat dibuka menjadi dua bagian untuk kemudahan akses memasukkan dan mengeluarkan barang ke bagasi.

Kenyamanan penumpang juga ditegaskan New Peugeot dengan banyaknya ruang penyimpanan. Ruang penyimpan barang ini termasuk juga di bagian arm rest dengan kapasitas cukup besar dan penyimpanan di lantai jok belakang.

Membawa New Peugeot 3008 pelesiran ke luar kota sangat kami rekomendasikan, keluarga akan terjamin dengan kenyamanan dan fitur keselamatan yang lengkap, tetapi Anda sendiri akan menikmati mengendarai sang Singa Perancis ini. [Pra/timBX]

Spesifikasi
Mesin : EP6CDTM 1.6-liter Turbo
Kapasitas : 1.598 cc
Sistem Pasokan Bahan Bakar : Direct Injection
Tenaga Maksimum : 163 hp / 6.000 rpm
Torsi Maksimum : 240 Nm / 1.400 rpm
Transmisi : 6-speed automatic Tiptronic with Sport Mode
Sistem Penggerak Roda : front wheel drive
Bahan Bakar : gasoline
Kapasitas Tangki : 60 liter
Panjang : 4.365 mm
Lebar : 1.837 mm
Tinggi : 1.639 mm
Sumbu Roda : 2.613 mm
Suspensi Depan : Independent MacPherson with coil spring
Suspensi Belakang : Independent trailed arm with transverse torsion bar
Ban Depan : 225/50 R17
Ban Belakang : 225/50 R17
Fitur lain : LED DRL, ABS, ESP, EBD with EBA, 6 Airbags, Automatic Headlamp, Automatic Wiper, Hill Start Assist, Cruise Control with Speed Limiter, AC Dual Zone.
Harga : Rp 448,6 juta off the road Jakarta

Tags :

#
closer look automotive
#
test drive peugeot new 3008
#
peugeot new 3008
#
peugeot
#
spesifikasi dan harga peugeot 3008