MENU
icon label
image label
blacklogo

Aplikasi CamScanner Ubah Smartphone Jadi Scanner Portabel

APR 02, 2014@14:17 WIB | 3,916 Views

Blackxperience.com

Alat scan atau pindai dokumen memang amat berguna bagi siapa saja terutama untuk kaum pekerja. Biasanya alat scan ini berbentuk besar dan lebar layaknya laptop dengan mekanisme seperti mesin fotokopi.

Tentu saja alat ini tidak praktis dibawa kemana-mana, selain ukurannya yang besar, mesin scan biasanya tidak dapat beroperasi sendiri dan bergantung pada perangkat lain seperti PC atau laptop.

Kini seiring semakin canggihnya perangkat mobile, alat scan dapat emulasikan menggunakan perangkat ponsel pintar, tablet, maupun yang lainnya. Dengan bantuan hardware kamera pada perangkat mobile kita dapat memindai dokumen dimana saja dan kapan saja.

Ada beragam aplikasi di luaran sana yang berfungsi untuk scan dokumen, gambar, dan salah satu yang terbaik adalah CamScanner. Aplikasi ini dapat membantu penggunanya tidak hanya untuk scan, tapi juga untuk menyimpan, sinkronasi dan menggabungkan dokumen lintas sistem operasi dan perangkat.

Tampilan dan User Interface

Tampilan aplikasi ini cukup sederhana dan mudah dipahami, layar awal langsung menampilkan dokumen-dokumen yang sudah di-scan, tombol menu, tombol scan, tombol buka galeri, dan tombol cari. Tombol-tombol terlihat agak membingungkan karena berdisi sendiri tanpa tulisan, namun untuk pengguna yang bingung, pengguna cukup menekan dan menahan tombol yang ingin diketahui fungsinya, lalu akan muncul keterangannya.

Fitur

- Ubah cepat dokumen menjadi bentuk digital

Cukup dengan menekan tombol kamera pada aplikasi ini dan menangkap foto dokumen yang diinginkan, dalam sekejap dokumen tersebut akan berubah menjadi gambar. Anda dapat memindai berbagai macam dokumen termasuk bon pembelian, catatan, nota, catatan di papan tulis, kartu nama, sertifikat, dsb.

- Optimasi kualitas scan

Sebelum foto scan tersebut disimpan, ada beberapa langkah yang dapat ditempuh untuk memaksimalkan hasil scan. Crop, penyesuaian warna, pengaturan pencahayaan, ketajaman dapat dilakukan guna menghasilkan hasil scan yang jelas dan tajam.

- Ekstrak teks dari hasil scan

Dengan teknologi OCR (Optical Character Recognition) teks yang terdapat dalam dokumen dapat diekstrak sehingga teks tersebut dapat diedit nantinya.

- Sebarkan ke jejaring sosial

Dengan fitur ini pengguna dapat menyebarkan dokumen yang sudah dipindai ke berbagai kanal jejaring sosial dan email.

- AirPrint dan Fax

Anda dapat mencetak dokumen secara instan melalui printer dan Anda dapat juga fax dokumen tersebut ke semua nomor ke lebih dari 30 negara di dunia langsung dari aplikasi ini.

- Kerjakan dokumen secara bersama-sama

Dengan fitur ini Anda dapat mengundang orang lain untuk melihat dokumen Anda bahkan mereka dapat memberikan komentar, bertukar ide di dalam kelompok.

- Edit dokumen

Anda dapat menambahkan catatan pada dokumen yang sudah dipindai dengan peralatan edit yang lengkap. Anda juga dapat menandai dokumen Anda dengan watermark.

- Pencarian Cepat

Ketika Anda sudah memindai dokumen dalam jumlah banyak maka tentunya mencari dokumen tertentu akan jadi pekerjaan yang sulit. Namun dengan fasilitas Quick Search, Anda dapat menempelkan tag untuk mencari berdasarkan kategori. Sebagai tambahan fitur OCR for Search juga dapat membantu Anda mencari teks di dalam gambar, Cukup masukan saja satu kata saja maka Anda dapt menemukan dokumen yang Anda inginkan.

- Pengamanan dokumen penting

Jika Anda ingin melindungi dokumen penting Anda fitur passcode pada aplikasi ini dapat membantu. Anda dapat mengunci dokumen penting Anda menggunakan sebuah kode yang dapat Anda atur.

- Sinkronasi antar platform

Anda dapat mensinkronasi dokumen Anda pada berbagai perangkat ponsel pintar, tablet maupun komputer, sehingga And dapat melihat, edit, bahkan menyebarkannya. Anda hanya perlu mendaftar pada fasilitas aplikasi ini.

Aplikasi ini hadir untuk sistem operasi iOS, Android, dan Windows Phone. CamScanner juga sudah diunduh lebih dari 60 juta kali di seluruh dunia. Aplikasi scan ini tersedia dalam dua versi yakni free atau gratis dan versi berbayar.

Pengguna dapat juga mendaftar layanan premium aplikasi ini yang hadir dengan lebih banyak keuntungan seperti 10GB kapasitas penyimpanan cloud, tambahan 40 orang kolaborator, ekstrak teks dari gambar, link download dokumen dengan kata kunci, dan masih banyak lagi. Namun untuk menikmati seluruh fasilitas ini pengguna harus membayar $4.99 per bulan atau $49.9 per tahun.

Sedangkan versi gratis dari aplikasi ini tidak memiliki semua fitur seperti versi premiumnya. Dokumen yang telah di-scan akan ditempelkan watermark secara default dan hanya terbatas hingga 30 halaman saja untuk menambah catatan.[Leo/TimBX]

Tags :

#
CamScanner
#
Aplikasi CamScanner
#
Android
#
Scanner
#
BX Closer Look Apps
#
Apps
#
Mobile Phone
#
Smartphone