MENU
icon label
image label
blacklogo

3 Aplikasi Android Terbaik Pengenal Lagu

NOV 26, 2014@12:28 WIB | 61,248 Views

Musik memang selalu menjadi bagian hidup kita, dengan aliran yang beragam, kini lagu baru makin bertambah setiap harinya, kadang membuat kita penikmat musik bingung. Mungkin Anda pernah mendengarkan sebuah lagu entah saat sedang nongkrong atau anda sedang di jalan, atau mungkin sedang mendengarkan radio di rumah namun tidak tahu atau lupa judul dan penyanyinya. Kini Anda tidak perlu bingung terutama bila Anda pengguna perangkat Android.

Di platform Android ada sejumlah aplikasi yang dapat membantu penggunanya dalam mengidentifikasikan informasi lagu lewat suara yang tertangkap oleh microphone perangkat Android. Tidak hanya judul dan penyanyinya, namun beberapa aplikasi ini bahkan menyediakan biografi, diskografi, hingga lirik lagunya. Bila Anda kebetulan membutuhkan aplikasi serupa, kami tim CloserLook Apps BlackXperience telah merangkum 3 aplikasi Android terbaik pencari judul lagu.

SoundHound

Tampilan

SoundHound hadir dengan nuansa warna hitam. Saat kita membuka aplikasi ini kita langsung dibawa ke layar home aplikasi. Di sini tampak mencolok logo SoundHound yang bila kita tekan akan mengaktifkan mode listening, mencari suara lagu dan mengidentifikasikannya. Selain itu di pojok kiri atas terdapat menu utama yang di dalamnya terdapat pilihan untuk log in akun SoundHound, history, chart, dan peta. Sedangkan di pojok kanan atas kita dapat menemukan tombol pencarian lagu, artis, dan lirik lagu.

Persis di atas tombol aktivasi SoundHound, terdapat tiga tombol mewakili tiga fungsi yang ada di menu utama yakni History, Charts, dan Maps. Bila kita scroll terus ke bawah kita akan menemukan berita-berita musik, streaming video, video populer, playlist, dan  peta musik dunia. Antar mukanya mengalir dengan lancar berikut tombol dan fungsinya yang cukup lengkap.

Fitur

Selain fitur berita musik, streaming video, pencari lirik, dan sebagainya yang disebutkan di atas, fitur utama identifikasi lagu juga menyediakan pencarian lirik, share lagu di sosial media, beli lagu, serta mengeksplorasi lagu dan artis-artisnya.

Tidak hanya dapat mengenal judul lagu dari musik yang diputar, SoundHound mampu mengenali lagu dari senandung bahkan gumaman. Mengenai kecepatan pengenalan lagu, tentunya banyak faktor yang mempengaruhinya termasuk kualitas suara lagu yang diputar, kebisingan sekitar, dan koneksi internet. Pengenalan akan maksimal dan cepat apabila kualitas suara lagu baik, suasana sunyi, dan koneksi internet cepat. Saat diuji dalam kondisi kantor yang bising SoundHound agak kesulitan mengenali lagu, walau akhirnya pun berhasil.

Pengguna juga dapat mendapatkan update berita dari artis favorit via Facebook dan Twitter dan share lagu juga ke jejaring sosial Facebook, Twitter, WhatsApp, Facebook Messenger, dan sebagainya.

Download SoundHound

TrackID

Tampilan

TrackID adalah salah satu cara mudah untuk mengetahui musik yang terdengar di sekitar kita. Antar mukanya sangat sederhana tidak seperti SoundHound. Sesaat setelah kita membuka aplikasi, kita langsung dibawa ke layar awal dimana terdapat tombol besar TrackID, tanpa ada panel-panel lain kecuali menu utama yang terletak di pojok kiri atas. Di menu utama, serupa dengan SoundHound, terdapat menu tracking, history, dan charts.

Aksi terdapat pada fitur pengenalan lagu, di mana setelah lagu ditemukan kita akan disuguhkan fitur share lagu di bagian kanan atas melalui jejaring sosial, layanan chat, email, dan sebagainya. Di bawah panel atas kita dapat menemukan dua tab yakni Track dan Artist Info. Dalam tab Track terdapat cover album dari lagu dan penyanyinya. Antar muka sederhana ini membuat TrackID terasa lebih cepat dibandingkan kedua aplikasi lainnya. Gaya tampilannya pun fun walau terkesan agak kaku.

Fitur

Fitur utama pengenalan lagu TrackID cenderung lebih cepat dibandingkan dua pesaingnya. Interface yang sederhana juga memudahkan pengguna untuk mengakses fitur-fitur yang ada termasuk informasi album, cari video di Youtube, info penyanyi, lagu-lagu populernya, discography, dan share lagu ke jejaring sosial. Memang secara fitur TrackID tidak sebanyak aplikasi lain, namun bila pengguna mencari aplikasi pengenal lagu yang cepat dan ringkas, TrackID jawabannya.

Didukung oleh Gracenote, TrackID hadir dengan daftar lagu yang super banyak dan kian bertambah. Performanya cukup lumayan untuk mengenali lagu dari 10 lagu yang diputar, TrackID dapat mengenali 7 dengan cepat.

Download TrackID

Shazam

Tampilan

Dari tiga aplikasi ini, Shazam yang tampaknya memiliki tampilan antarmuka yang paling cantik sekaligus atraktif. Pada layar awal, pengguna disuguhkan dengan lima tab di bagian atas yang berisi tagging, my tags, news, explore, dan charts. Dengan nuansa keseluruhan warna biru, logo Shazam di tengah berfungsi sebegai tombol pengaktif pengenal lagu.

Tampilan pada setiap tab dibungkus menarik dengan anismasi transisi. Walau terkesan rumit, tapi sesungguhnya aplikasi ini mudah untuk digunakan. Tab dapat dengan muda digeser ke kiri dan ke kanan dan untuk melihat isinya cukup kita scroll ke atas dan ke bawah. Tombol pengenalan lagu selau terletak di pojok atas layar dalam tab manapun sehingga memudahkan kita untuk segera mengaktifkannya bila ada lagu yang ingin diidentifikasikan.

Fitur

Sama seperti kedua aplikasi lainya, fitur standar seperti pengenalan lagu dan info lagu, album dan penyanyi termasuk biografinya pun tersedia. Serupa dengan SoundHound, pengguna dapat mendengarkan lagu lewat layanan rdio. Pengguna juga dapat melihat video dari lagu yang sudah kita kenali via Youtube dan share ke jejaring sosial.

Selain itu pengguna juga disuguhkan dengan lagu-lagu sejenis, info konser penyanyi, dan ulasan album. Dalam tab-tab yang ada di abgian atas kita dapat menemukan berita tentang dunia musik,dan lagu-lagu yang sedang tren. Selain itu dalam fitur explore kita dapat mengetahui tangga lagu populer di kota-kota besar di dunia.

Download Shazam

Tiga aplikasi ini mampu untuk menghadirkan pengalaman pengenalan lagu secara cepat dan akurat, ditambah fitur lain yang membuat tiga apliaksi ini semakin menarik. Masing-masing memilki keunggulannya. SoundHound terlihat lebih lengkap dengan banyak fitur yang tidak terdapat di aplikasi lainnya. TrackID meyuguhkan fitur pengenalan lagu dan informasi yang lebih cepat, namun tidak kaya fitur seperti pesaingnya. sedangkan Shazam adalah gabungan dari keduanya dengan tampilan yang cantik, fitur lengkap dan kecepatan. Bgaimana menurut Anda, manakah yang terbaik? [leo/timBX]

Tags :

#
Aplikasi Lagu
#
SoundHound
#
TrackID
#
Shazam
#
Closer Look Apps
#
Aplikasi
#
Apps
#
Android Apps
#
Android Aplikasi