MENU
icon label
image label
blacklogo

Aksi Gerak Cepat BMC Palu Gandeng BMC Parigi Sisir Jalur Lokasi Bencana Sejauh 109 km

AUG 10, 2022@17:36 WIB | 192 Views

BMC Palu menyusun rencana besar setelah banjir bandang menerjang wilayah desa Torue, Kecamatan Torue kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. Bencana Alam  yang tersebut terjadi pada 28 Juli 2022, malam hari sejak pukul 19.00 WITA.  Hujan yang disertai angin kencang, mengakibatkan banjir ke pemukiman warga bercampur dengan lumpur dan kayu.

Tiga wilayah di Desa Torue yang terdampak banjir, meliputi Dusun II, Dusun III, dan Dusun V. Tingginya arus menyebabkan 3 warga meninggal dunia, dan 4 warga yang hilang belum ditemukan. Kondisi inilah yang membuat komunitas Black Motor Community (BMC) Chapter Palu bergerak cepat mengumpulkan donasi, logistik dari member untuk didistribusikan ke titik bencana.

Bro Pati (founding father BMC Palu) berkoordinasi dengan Bro Jhon (senior BMC Palu) selaku korlap. Terkumpulah logistik untuk kebutuhan mendasar seperti air mineral, mie instan, telur dan pakaian bekas layak pakai.  Sementara bro Pati mempersiapkan dua mobil untuk mengantarkan bantuan sampai ke lokasi bencana.

Keesokan harinya 31 Juli 2022, bantuan dapat didistribusikan melalui jalur darat sejauh 109km atau waktu 3 jam perjalanan. "Dari basecamp BMC Palu ke desa Torue sudah ratusan kilometer Lima motor member Palu dan 2 unit LCGC mengantarkan secara cepat yang melibatkan 8 member BMC Chapter Palu. Alhamdulillah, bantuan kami diterima oleh perwakilan dari Desa Torue dan pejabat dari kecamatan Torue," ungkap Bro Pati. 

Menurut bro Pati, gerak cepat menyalurkan donasi dan bantuan sudah ia lakukan dengan intensitas sering. "Iya gerak cepat kami karena setiap bencana dan musibah kami selalu terbiasa berjibaku di lapangan. Data-data  bencana selalu kami dapatkan informasi dari Grup Whatsapp, dan seleksi bantuan sudah kami berikan terutama kebutuhan paling mendasar para korban bencana," tambah Bro Pati.

Lokasi bencana yang hanya 30 menit dari basecamp BMC Parigi, membuat bantuan cepat tersalurkan. "Sebelum berangkat kami sudah saling berkomunikasi dengan BMC Parigi untuk memudahkan ke titik lokasi bencana. Sumbangsih bro Jhon, selaku senior BMC Palu membuat tindakan kami multi koneksi serta tepat sasaran," tutup Bro Pati.  [Pti/Ahs/timBX]

Tags :

#
bmc palu,
#
bmc parigi,
#
bencana parigi,
#
banjir bandang torue,
#
aksi sosial black motor community