MENU
icon label
image label
blacklogo

Yuda Resigama dan Nugraha Hermawan, Berawal dari Hobi Ciptakan Alpha Squad Multirotor

SEP 10, 2018@12:06 WIB | 1,271 Views

Drone, sebuah pesawat tanpa awak yang umumnya kita ketahui berfungsi untuk mengambil gambar dari udara. Tapi tahukah Black Pals, ada juga drone yang dipertandingkan pada ajang balap? Tak main-main, drone racing ini mampu melaju hingga menembus kecepatan 100 km/jam.

Ternyata komunitas pecinta drone racing atau biasa disebut FPV Mini Quad sudah ada dan tumbuh begitu besar di Indonesia. Salah satu yang sudah cukup lama berkecimpung adalah Alpha Squad Multirotor.

Alpha Squad Multirotor merupakan sebuah brand asli Indonesia yang berfokus dan menyediakan segala macam kebutuhan part terkait FPV Miniquad. Lahir pada bulan September 2017, brand ini hadir atas prakarsa dua sahabat karib, Yuda Resigama dan Nugraha Hermawan.

Terbentuknya Alpha Squad Multirotor tak lepas dari hasrat Yuda dan Nugi (sapaan akrab Nugraha Hermawan) yang sudah berteman dari kecil dan begitu candu dengan hobinya pada bidang FPV Miniquad.

“Berdasarkan pengalaman dan kesulitan yang kita hadapi di hobi ini, jadi kita coba ciptakan produk yang sesuai fungsinya dengan drone balap. Sebisa mungkin dengan kualitas terbaik, namun build dan cara maintenance-nya cukup praktis,” tutur Yuda saat ditemui tim BlackXperience.com.

Pada awal terbentuk, Alpha Squad Multirotor menyediakan frame berbahan dasar karbon untuk kebutuhan FPV Miniquad. Seiring berjalannya waktu, produk yang mereka sediakan terus bertambah, meliputi motor dan antena.

Berbekal latar pendidikan engineer, membuat keduanya tak begitu kesulitan dalam urusan membuat part-part tersebut. Bahkan menurut Yuda, masih banyak yang bisa dieksplor kedepannya. Hanya saja mereka ingin melakukannya secara bertahap dan tidak terburu-buru.

Mendengarkan pasar

Kendala sudah pasti dihadapi keduanya, bahkan sebelum brand resmi dibentuk. Sejak penerapan strategi mengenai, seperti apa nantinya Alpha Squad Multirotor akan berjalan pun sudah menjadi sebuah kendala bagi mereka. Kurang lebih hampir setahun mereka habiskan, hingga akhirnya bisa berjalan hingga sekarang.

Setelah brand diluncurkan, kendala lain menghampiri. Apalagi kalau bukan cara memperkenalkan brand Alpha Squad Multirotor. Karena pasar potensial mereka merupakan komunitas pecinta FPV Miniquad, maka dari itu mereka mesti menerapkan cara untuk memperkenalkan brand baru mereka ke dalam komunitas tersebut.

Salah satu cara yang mereka lakukan adalah mencoba mendengarkan berbagai masukan dari komunitas. Sebab dirasakan bahwa masukan dari komunitas tersebut menjadi saran yang begitu berarti untuk perkembangan dan kemajuan Alpha Squad Multirotor.

“Karena balik lagi kita ke komunitas ya, jadi kita harus mendengarkan komunitas itu, masukannya seperti apa,” ujar Nugi.

Namun menurut Yuda, dari semua tantangan dan kendala yang mereka hadapi, yang paling sulit dilakukan adalah meredam idealisme dari diri mereka masing-masing. Sebab menurut pengalaman mereka, apa yang mereka anggap terbaik, belum tentu bisa diterima dengan baik oleh pasar.

“Yang paling susah adalah meredam idealisme kita demi komunitasnya. Karena yang menurut kita terbaik, belum tentu buat komunitasnya itu baik. Jadi ya itu sebenarnya yang paling susah,” aku Yuda.

Maka dari itu mereka mencoba untuk menjadi pendengar yang baik dan mencoba memenuhi keinginan serta kebutuhan pasar dari FPV Miniquad.

Tuan rumah di negara sendiri

Berbicara mengenai harapan dari Yuda maupun Nugi kedepannya, mereka berharap dapat terus berkontribusi pada hobi yang mereka cintai selama-lamanya melalui Alpha Squad Multirotor.

Lewat Alpha Squad Multirotor mereka ingin hobi ini terus dapat berkembang. Salah satu caranya adalah dengan cara terus berkontribusi lebih dengan menyediakan segala kebutuhan bagi komunitas pecinta FPV Miniquad.

Kedepannya mereka juga berharap karya-karya mereka dapat diterima dengan baik. Sehingga karya anak bangsa bisa mendapat pengakuan dan tidak kalah dengan brand-brand dari luar. Bahkan mereka ingin produk lokal buatan mereka nantinya bisa berbicara lebih lantang hingga level mancanegara.

“Kita berharap, si Alpha Squad ini bisa menjadi tuan rumah di negara kita sendiri dan bisa go international,” pungkas Nugi. [Hlm/timBX]

Tags :

#
alpha squad multirotor,
#
yuda resigama,
#
nugraha hermawan,
#
drone racing,
#
part drone racing,
#
fpv miniquad

RELATED ARTICLE