MENU
icon label
image label
blacklogo

Will.i.am Debut Xupermask Futuristik Dengan Bluetooth dan Filter HEPA

APR 09, 2021@16:00 WIB | 276 Views

Saat ini, "Menggunakan Masker" adalah kewajiban untuk mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19. Bahkan, pasca pandemi ini, penggunaan masker di masa mendatang nampaknya akan tetap diterapkan. Namun demikian, satu sisi penggunaan masker baik untuk semua, di sisi lain juga merusak lingkungan dengan banyak masker sekali pakai.

Untuk alasan yang terakhir, kini bermunculan hasil produksi masker yang lebih ramah lingkungan. Salah satunya yang dirilis oleh Will.i.am dengan masker futuristiknya bernama Xupermask. Xupermask diproduksi atas kemintaraan Will.i.am yang dikenal sebagai rapper sekaligus personil grup musik Black Eyed Peas dengan Honeywell.

Xupermask adalah masker yang dilengkapi kipas built-in 3-speed, satu set filter HEPA, dan juga headphone dengan peredam bising aktif. Ada juga mikrofon, LED "day glow lights", konektivitas Bluetooth, dan masa pakai baterai selama 7 jam. Xupermask dibanderol $ 299 (setara Rp 4,3 juta) dan mulai dijual akhir tahun ini.

Apakah harga tersebut dengan sekian fitur-fitur andalannya masuk akal untuk sebuah masker? Barangkali agak keterlaluan, kendati ada perusahaan lain yang mencari produk serupa. Razer misalnya, yang memulai debut masker pintarnya di ajang CES awal tahun 2021, baru-baru ini juga mengumumkan bahwa mereka memiliki rencana untuk mewujudkan masker yang lebih canggih lagi.

Di balik penciptaan Xupermask ini ada sosok Jose I. Fernandez yang dikenal dengan desain kostum superhero Batman dan Fantastic Four, helm Daft Punk yang ikonik, dan setelan astronot SpaceX yang baru dirancang. Ia bermitra dengan personil Black Eyed Peas tersebut untuk membuat topeng pintar.

Pihak Honeywell menyatakan bahwa masker tidak dimaksudkan untuk penggunaan medis, dan meskipun bukan alat pelindung pernapasan, namun dapat dipakai sepanjang tahun, dengan syarat filter HEPA yang menyertainya diganti setiap bulan pula.

Perangkat inovatif ini hadir dengan Xuperkit yang berisi filter HEPA, bantalan telinga berbagai ukuran, kabel pengisi daya, dan masker kain. Honeywell mengumumkan peluncurannya pada 8 April di situs resmi Xupermask.  [asl/timBX]

Tags :

#
xupermask,
#
masker pintar,
#
smart mask,
#
filter hepa